Cara Sederhana Menghindari Sakit Kepala

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 30 Nov 2017 12:47 WIB
Cara Sederhana Menghindari Sakit Kepala
Jangan pernah terlambat makan. Selain menghindari peyakit mag, makan tepat waktu juga dapat menghindari serangan sakit kepala. (Foto: Vlad Deep/Unsplash.com)

Jakarta: Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang umum dirasakan oleh semua orang. Pada umumnya gangguan kesehatan ini terjadi secara tiba-tiba dan biasanya sangat mengganggu.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips dari para ahli yang bisa diterapkan agar terhindar dari sakit kepala, yaitu:

1. Minum
Direktur Northwell Health's Headache Center di Great Neck, New York, Noah Rosen, MD mengatakan, salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Oleh karenanya, minum air untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh dalam keadaan normal. "

Sebuah aturan yang baik di tangan adalah untuk minum setengah berat badan Anda dalam ons cairan sehari-hari; sebagai contoh, 120-pon orang harus minum 60 ons air," katanya.

2. Tidak terlambat makan
Jangan pernah terlambat makan. Selain menghindari peyakit mag, makan tepat waktu juga dapat menghindari serangan sakit kepala. "Melewatkan makan mungkin lebih buruk daripada kebanyakan makanan pemicu penyebab sakit kepala," kata Dr Rosen.

Bagi orang super sibuk dan terkadang tidak bisa makan tepat waktu, Rosen menyarankan agar selalu membawa cemilan untuk mengganjal perut.


(Jangan pernah terlambat makan. Selain menghindari peyakit mag, makan tepat waktu juga dapat menghindari serangan sakit kepala. Foto: Jennifer Kim/Unsplash.com)

(Baca juga: 6 Makanan untuk Mengatasi Sakit Kepala)

3. Kurangi konsumsi kafein
Membatasi konsumsi kafein, terutama kopi adalah salah satu cara untuk terhindar dari sakit kepala. Sebab, kafein dapat menimbulkan dehidrasi yang pada akhirnya meningkatkan potensi terserang sakit kepala. 

4. Tidur yang cukup
Pellegrino mengatakan, kurang tidur adalah penyebab utama sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah (migrain). Oleh karenanya, tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

5. Berhenti merokok
Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang biasa diidap oleh perokok. Sebab, kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit dan bisa menyebabkan migrain. 







(TIN)