Waktu-waktu Paling Produktif dalam Setahun

Raka Lestari    •    Senin, 01 Jan 2018 10:36 WIB
psikologi
Waktu-waktu Paling Produktif dalam Setahun
Kapan Anda merasa paling produktif? Menurut sebuah laporan baru dari Priceonomics, terdapat waktu-waktu yang sangat spesifik untuk merasa paling produktif di setiap tahun. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Kapan Anda merasa paling produktif? Menurut sebuah laporan baru dari Priceonomics, terdapat waktu-waktu yang sangat spesifik untuk merasa paling produktif di setiap tahun. Anda mungkin bisa merasa bahwa saat-saat paling tidak produktif berada pada hari Jumat, yaitu satu hari sebelum weekend atau pada jam 2 siang di hari kerja. 

Seperti dilansir dari Inc, ada cara untuk menentukan dengan tepat akurasi jam kerja paling produktif sepanjang tahun.

Priceonomics, sebuah perusahaan analisis data, meneliti lebih dari 1,8 juta proyek dan 28 juta total tugas dari Redbooth, sebuah perusahaan manajemen proyek, untuk mengetahui kapan waktu-waktu yang paling produktif itu. Dan jam paling produktif dalam satu tahun ini adalah pukul 11 siang, hari Senin, dan pada bulan Oktober. 

(Baca juga: Ini Penyebab Perbedaan Waktu Produktif Saat Bekerja)

"Persentase tugas tertinggi sebanyak 20,4 persen selesai pada hari favorit setiap orang dalam seminggu yaitu hari Senin," tulis laporan tersebut. "Selasa sebanyak 20,2 persen tepat di urutan kedua dan terus menurun sampai pada akhir minggu." 


(Kapan Anda merasa paling produktif? Menurut sebuah laporan baru dari Priceonomics, terdapat waktu-waktu yang sangat spesifik untuk merasa paling produktif di setiap tahun. Foto: Pixabay.com)

Artinya adalah antusiasme setiap orang termasuk juga produktivitas mereka mulai berkurang seiring berjalannya waktu. Pada hari Senin, Anda mungkin akan kecewa karena akhir pekan telah berakhir, tapi Anda cukup beristirahat dan siap menghadapi pekerjaan dan tugas-tugas Anda. 

Kemudian mengapa pada jam 11 siang dan bulan Oktober? "Persentase tugas selesai yaitu sekitar 9,7 persen dan berada pada puncaknya pada pukul 11 pagi, tepat sebelum orang biasa makan siang. Antara pukul 11 pagi dan 1 siang, ada penurunan dalam produktivitas." 

Dan untuk bulan Oktober studi tersebut menyebutkan banyak orang yang menyelesaikan tugas pada bulan Oktober yaitu dengan persentase 9,5 persen disusul bulan November sebanyak 9 persen dan bulan September sebanyak 8,8 persen karena sudah mendekati akhir tahun. 










(TIN)