Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Yogurt?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Mar 2018 19:12 WIB
healthy tips
Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Yogurt?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Yogurt merupakan makanan yang tinggi protein dan mikronutrien. Banyak orang mengonsumsinya sebagai pencuci mulut. Padahal, saat perut kosong adalah waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Yogurt memiliki sekitar 150-200 kilokalori (kkal) untuk setiap satu kali konsumsi. Hal ini setara dengan sepersepuluh dari kebutuhan rata-rata orang dewasa, yaitu 1.500-2.000 kkal.

"Paling bagus makan yogurt saat perut kosong atau dua jam setelah makan. Supaya bakteri baik dalam yogurt bisa bekerja dengan lebih baik," ujar ahli gizi dr Diana F. Suganda, SpGK dalam peluncuran Kin Bulgarian Yogurt, Kamis, 22 Maret 2018.

Dengan jumlah kalori tersebut, dr Diana juga menyarankan agar yogurt dijadikan camilan untuk mengisi perut di antara jeda makan utama. Misalnya, pada pukul 10.00 pagi atau beberapa jam setelah makan siang.

Menurutnya, konsumsi yogurt saat perut terisi penuh tidak efektif karena enzim dalam perut masih bekerja mencerna makanan berat yang juga baru masuk ke dalam tubuh.

Berapa kali baiknya yogurt dikonsumsi dalam sehari?

"Dua porsi cukup, dengan masing-masing 150-200 kkal. Kalau berlebihan juga tak baik," tambahnya.

Yogurt atau susu fermentasi dapat menyehatkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan kesehatan dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.


Lihat video:




(DEV)