Pijat Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Torie Natalova    •    Rabu, 21 Mar 2018 17:08 WIB
kesehatan
Pijat Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Seperti diketahui, tidur yang berkualitas sangat penting untuk semua masalah kesehatan, mulai dari memperlambat penuaan, hingga mengurangi hormon stres.

Kualitas tidak berhubungan dengan durasi atau kontinuitas tidur. Tetap terbangun dengan rasa mengantuk dan tidak fokus artinya ada masalah pada tidur.

Tidak bisa tidur nyenyak berarti Anda mengalami non-restorative sleep, istilah klinis untuk masalah dengan kualitas tidur tanpa adanya gangguan pola tidur.

Bisakah pijat memanipulasi hormon tidur?

Terapi perilaku kognitif dapat diresepkan untuk mengatasi gangguan tidur. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa atau zat kimia tidur relevan dengan terapi pijat karena pemijatan dapat secara langsung memengaruhi produksi serotonin tubuh dan pembentukan melatonin.

Hormon kortisol sering meningkat pada orang yang stres dan inilah yang menyebabkan insomnia. Pijat membantu menyeimbangkan sistem hormonal dan terbukti bahwa pijat dapat mengurangi tingkat kortisol hingga 30 persen, sedangkan serotonin adalah hormon bahagia yang memengaruhi kesehatan, selera makan, memori, dorongan seksual, dan tidur.

Satu jam pijatan memberikan tubuh manfaat yang setara dengan tidur siang. Berikut tips pijat untuk tidur lebih nyenyak.

1. Pijat kaki

Duduk di tepi tempat tidur dan istirahatkan kaki di lutut kanan. Gunakan body losion dan perlahan pijat kaki terutama telapak kaki dengan membuat lingkaran dengan ibu jari di sepanjang titik yang berbeda dari telapak tangan.

2. Pijat tangan

Duduk bersandar, gunakan losion, pijat bagian atas tangan, putar telapak tangan ke atas, dan gunakan jempol dengan lingkari telapak tangan di sepanjang titik yang berbeda. Regangkan telapak tangan sedikit dalam waktu bersamaan.

3. Pijat leher

Dalam posisi duduk, gunakan jari kedua tangan dan pijat bagian belakang leher sepanjang garis tengkorak mulai dari tengah ke arah belakang telinga. Bernapas dengan setiap gerakan dan rasakan ketegangan yang dilepaskan.

Matikan lampu, tutup mata dan ambil napas dalam-dalam. Visualisasikan tempat yang Anda senangi, misalnya pantai, gunung atau laut. Tarik napas dan biarkan itu menenangkan Anda.

Ada baiknya mandi dengan air hangat sebelum melakukan terapi pijat. Menambahkan minyak esensial ke dala bak mandi juga bisa membuat tubuh terasa rileks.


Lihat video:




(DEV)