Hindari Makan Malam Terlalu Kenyang dengan 5 Cara Ini

Raka Lestari    •    Senin, 25 Dec 2017 10:33 WIB
diet
Hindari Makan Malam Terlalu Kenyang dengan 5 Cara Ini
Menurut Keri Gans, menyiapkan makanan Anda sendiri dapat menghindarkan diri Anda dari godaan memilih makanan yang tidak sehat. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Tidak peduli seberapa berdedikasi Anda terhadap rencana penurunan berat badan Anda, makan malam sepertinya merupakan makanan yang banyak membuat orang terlena dan terkadang Anda tidak menyadarinya.

"Saya mendengar banyak keluhan dari teman atau klien baru yang mengatakan bahwa mereka 'sangat baik' di siang hari tapi melupakannya saat mereka makan malam," kata Brigitte Zeitlin, R.D., pemilik BZnutrition. 

Itu karena pada saat makan malam biasanya ditambah dengan beberapa ekstra pilihan dan pilihan tersebut dapat membuat Anda lupa.

Tapi jika Anda menerapkan beberapa strategi sederhana di bawah ini, Anda tidak perlu khawatir dengan makan malam Anda yang dapat mempengaruhi lingkar pinggang Anda dan akhirnya kemungkinan besar akan berubah menjadi kebiasaan yang sehat: 


(Menurut Keri Gans, menyiapkan makanan Anda sendiri dapat menghindarkan diri Anda dari godaan memilih makanan yang tidak sehat. Foto: Pixabay.com)

1. Hindari makan malam terlalu larut
"Hal ini bisa menyebabkan Anda makan terlalu rakus dari yang sebenarnya Anda inginkan atau Anda butuhkan saat makan malam," kata Keri Gans, R.D., penulis The Small Change Diet. Zeitlin merekomendasikan setidaknya memberikan jeda dua jam dari makan malam ke waktu tidur Anda. 

"Dengan memberi diri Anda waktu untuk mencerna makanan Anda sebelum berbaring, Anda akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan juga bangun untuk sarapan pagi yang merupakan kunci untuk memastikan seluruh hari Anda tetap berada di jalur yang benar," katanya.

2. Menyiapkan makanan sendiri 
Menurut Keri Gans, menyiapkan makanan Anda sendiri dapat menghindarkan diri Anda dari godaan memilih makanan yang tidak sehat. Periksa info nutrisi untuk hidangan restoran sebelum memesan atau memilih salah satu makanan cepat saji yang mengandung protein di dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat memesan makanan yang sesuai dengan tujuan penurunan berat badan Anda, katanya.

(Baca juga: Melakukan Diet Bukan Berarti Tidak Makan)



(Kombinasikan asupan makanan Anda dengan sayur, daging tanpa lemak, dan karbohidrat untuk dapatkan hasil yang maksimal. Foto: Pixabay.com)

3. Menghitung porsi makan melalui piring makan Anda
Anda tidak perlu secara khusus mengukur makanan Anda, namun beberapa panduan umum dapat membantu Anda memutuskan bagian mana yang harus Anda perhatikan. Gans menyarankan kombinasi yang mudah ini: separuh dari piring Anda harus sayuran, seperempat haruslah daging tanpa lemak Anda, dan yang terakhir adalah karbohidrat Anda.

4. Batasi minuman alkohol Anda 
"Anda bisa minum alkohol dan tetap menurunkan berat badan, tapi tidak akan berhasil jika Anda minum terlalu banyak atau minum koktail manis," kata Zeitlin. Cobalah untuk minum alkohol tidak lebih dari tiga malam dalam seminggu dan jika Anda harus meminum alkohol setelah makan malam, usahakan hanya meminum satu gelas saja. 

5. Minum air sebagai makanan pembuka
Suatu studi pada tahun 2015 dari Universitas Oxford menemukan bahwa ketika orang dewasa meminum sekitar 16 ons air 30 menit sebelum makan mereka, mereka akhirnya makan lebih sedikit kalori selama makan dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi makanan pembuka untuk makan malam. 









(TIN)