Studi: Wanita Lebih Cepat Bugar Dibanding Pria Saat Berolahraga

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:03 WIB
kesehatan
Studi: Wanita Lebih Cepat Bugar Dibanding Pria Saat Berolahraga
Peneliti Richard Hughson menyatakan bahwa otot wanita mengeluarkan oksigen dari darah lebih cepat, yang secara ilmiah, menunjukkan sistem aerobik yang superior. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa wanita lebih bugar secara alami lebih cepat dibandingkan pria saat mulai berolahraga. Menurut studi yang dilakukan oleh University of Waterloo, Hal tersebut dikarenakan wanita lebih cepat memproses oksigen daripada pria.

Asupan oksigen yang cepat mengurangi ketegangan pada sel tubuh dan hal ini termasuk penting dalam mengukur kebugaran aerobik.

Pemimpin studi Thomas Beltrame mengungkapkan bahwa penemuan tersebut bertentangan dengan asumsi populer yang menyebutkan bahwa tubuh pria lebih atletik secara alamiah.

Para peneliti membandingkan asupan oksigen dan penurunan oksigen di otot pada 18 pria dan wanita yang memiliki usia dan berat badan yang sama selama olahraga treadmill.


(Richard Hughson menyatakan bahwa otot wanita mengeluarkan oksigen dari darah lebih cepat, yang secara ilmiah, menunjukkan sistem aerobik yang superior. Foto: Pixabay.com)


(Baca juga: Berapa Banyak Olahraga yang Perlu Dilakukan dalam Seminggu?)

Hasilnya, wanita secara konsisten mengungguli pria dengan penanganan oksigen 30 persen lebih cepat ke seluruh tubuh. Peneliti lain Richard Hughson menyatakan bahwa otot wanita mengeluarkan oksigen dari darah lebih cepat, yang secara ilmiah, menunjukkan sistem aerobik yang superior.

Dengan mengolah oksigen lebih cepat, wanita cenderung mengakumulasi molekul yang terkait dengan kelelahan otot, usaha berlebihan dan kinerja atletik yang buruk.

"Meskipun kita tidak tahu mengapa wanita memiliki penyerapan oksigen lebih cepat, penelitian ini menyingkirkan kebijaksanaan konvensional," kata Beltrame.










(TIN)