Pentingnya Pemenuhan Gizi Otak untuk Hidup Sehat

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 15 Nov 2016 16:45 WIB
kesehatan anak
Pentingnya Pemenuhan Gizi Otak untuk Hidup Sehat
Vitamin juga tak kalah penting untuk memenuhi gizi bagi otak, terutama vitamin B12 dan vitamin D. (Foto: Herbivoracious)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki hidup sehat berawal dari pemikiran dalam diri sendiri dimana hidup sehat tak hanya sekedar sehat fisik, namun juga mental dan sosial.

Untuk bisa mencapainya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah perihal gizi yang masuk dalam tubuh dimana tak hanya tentang nutrisi yang ada dalam makanan, namun juga keamanan dari makan itu sendiri. Selain itu, perilaku terkait kebutuhan juga masuk di dalamnya.

"Misalnya untuk ibu hamil, perlu suplemen khusus yang menunjang kesehatannya. Atau anak perempuan yang sedang haid, biasanya mengalami anemia jadi perlu tambahan dari luar," ujar Ketua Umum PERGIZI PANGAN Prof. Dr. Hardinsyah, MS dalam acara BRAND'S Health Award 2016, Selasa (15/11/2016).

Ia menambahkan, pemenuhan gizi pada otak sebaiknya dilakukan terlebih dahulu karena pada dasarnya kesehatan ketiga hal tersebut berasal dari pemikiran yang kemudian berlanjut pada perilaku. 

Ada enam nutrisi yang harus dipenuhi dalam otak agar keseimbangan tubuh semakin maksimal.

(Baca juga: Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua)

Pertama, kebutuhan air yang cukup agar otak bisa bekerja dengan baik.

"Kurang minum air dua gelas dari normal saja, atau dehidrasi dapat menyebabkan seseorang pusing," imbuhnya.

Selain itu, glukosa yang merupakan zat yang siap pakai jika otak kekurangan energi di saat mendesak sehingga bisa tetap bekerja.

Asam amino juga diperlukan karena berperan dalam hal memberikan loncatan arus listrik pada otak untuk bekerja dibantu dengan asam lemak (DHA) yang terdapat pada makanan hewani.

"Makan 400 gr ikan dalam seminggu atau makanan hewani lainnya dapat memenuhi kebutuhan asam tersebut," tambahnya.

Vitamin juga tak kalah penting untuk memenuhi gizi bagi otak, terutama vitamin B12 dan vitamin D dimana vitamin B12 banyak terdapat di makanan hewani atau tempe dan vitamin D dapat diperoleh dari paparan sinar matahari dengan durasi sekitar 15 menit. 







(TIN)