Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Oct 2016 18:33 WIB
tips kesehatan
Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara?
(Foto: daysoftheyear)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker payudara merupakan penyakit yang terjadi karena berbagai faktor. Untuk mengetahui adanya indikasi penyakit tersebut, sangat penting melakukan deteksi dini.

Kapan harus mulai melakukan deteksi dini?

"Sebaiknya sejak berusia remaja atau sekitar di atas 18 tahun," ujar Dr Hardinah Sabrida, dokter spesialis deteksi dini RS Kanker Dharmais, dalam acara Breast Cancer Awareness Month, di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

"Perlu dilakukan pada usia tersebut karena rata-rata perempuan pada usia itu belum stabil secara hormonal. Pada usia di atas 20 tahun, baru bisa stabil. Jadi bisa dideteksi," tambah Hardinah.

Mengadopsi gaya hidup sehat juga penting untuk meminimalkan faktor risiko. Disarankan untuk menghindari makanan berlemak, menghindari pola hidup tidak sehat seperti bergadang, merokok, minum alkohol, dan stres.

"Stres berkontribusi sebanyak 10 persen mengakibatkan kanker payudara, lebih besar dari pola makan (yang buruk). Stres juga meningkatkan hormon estrogen yang dapat memicu perkembangan kanker payudara," jelasnya.

Faktor genetik juga berperan dalam perkembangan sel kanker, tetapi hanya satu persen.

Salah satu bentuk pencegahan yang sebaiknya dilakukan semua perempuan dari berbagai kalangan usia, terutama setelah menginjak 35 tahun, adalah mamografi. Mamografi merupakan pengecekan payudara dengan menggunakan sinar X yang dilakukan setahun sekali. Lakukan juga periksa payudara sendiri (sadari) setelah mengalami haid.


(DEV)