Mengenal Laktosa Intoleran

Yatin Suleha    •    Senin, 21 Nov 2016 14:29 WIB
kesehatan pencernaan
Mengenal Laktosa Intoleran
Intoleran terhadap laktosa dapat terjadi seiring dengan pertambahan usia atau secara tiba-tiba pada saat mengalami kelainan pada usus. (Foto: Fthmb.tqn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika setelah mengonsumsi produk susu Anda mengalami kembung, diare, bahkan mual, mungkin Anda mengalami laktosa intoleran. Laktosa intoleran adalah kondisi ketidakcukupan enzim lactase yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa-gula yang terdapat pada produk-produk susu.

Lebih dari 50 juta orang Amerika juga mengalami hal tersebut. Masalah yang sama juga terjadi pada orang-orang Afrika-Amerika, Asia-Amerika, Hispanik dan penduduk asli Amerika.

(Baca juga: Tips Atasi Perut Kembung)

"Intoleran terhadap laktosa dapat terjadi seiring dengan pertambahan usia atau secara tiba-tiba pada saat mengalami kelainan pada usus," ujar Dr. Wolf, MD, ahli pencernaan dan penulis buku "Woman's Guide to a Healthy Stocmach" ini.

tanda-tanda laktosa intoleran Anda dapat merasakan kembung, diare, dan mual. Dokter dapat memberikan tes pernapasan atau pemeriksaan tinja untuk diagnosanya.

Yang Anda harus lakukan?

- Selama seminggu, cobalah untuk tidak mengonsumsi produk susu dan lihat apakah ada perbedaannya. Apabila kejadian yang sama terjadi lagi, kemungkinan besar Anda benar tidak tahan laktosa.

- Periksakan ke dokter. Dokter akan meresepkan tablet laktosa sebelum mengonsumsi produk susu. Bila gangguan terus berlanjut ganti susu Anda dengan produk yang bebas laktosa atau susu kedelai dan susu almond yang lebih aman.






(TIN)