Lakukan 'Upacara' Ini Agar Tidur Anda Nyenyak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 18 Nov 2016 17:14 WIB
tidur
Lakukan 'Upacara' Ini Agar Tidur Anda Nyenyak
Pikiran yang tenang juga diperlukan agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. (Foto: I9.dainikbhaskar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melakukan persiapan selalu membuat hasil menjadi lebih baik. Hal tersebut juga berlaku untuk Anda yang melakukan persiapan sebelum tidur. 

"Ada kondisi pra-tidur yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus pada tubuh, pikiran, dan kamar tidur," tukas dr. Astuti SpS (K) - Spesialis Saraf & Neurologi dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dalam acara diskusi 'Bahaya Insomnia dan Hubungannya dengan Penyakit Komplikasi Lainnya', Jumat (18/11/2016).

Oleh karena itu, dr. Astuti menyarankan untuk melakukan beberapa jenis 'upacara sebelum tidur' agar bisa terbangun dengan segar keesokan harinya.

1. Untuk tubuh, tidak disarankan tidur dalam keadaan lelah atau berdekatan dengan waktu olahraga. Usahakan tidur empat jam setelah berolahraga. 

2. Selain itu, kenakan pakaian yang longgar dan berbahan yang bagus sehingga tak membuat tubuh berkeringat. 

(Baca juga: Kualitas Tidur Berpengaruh Terhadap Inteligensi)

3. "Saat mandi, gunakan aromaterapi atau berendam di air hangat agar tubuh lebih santai. Pijat sebelum tidur juga disarankan," pungkasnya. 

4. Asupan makanan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam hal kualitas tidur sehingga Anda harus memerhatikan apa yang masuk ke dalam mulut menjelang waktu tidur. 

5. "Hindari makanan yang sulit diproses di pencernaan karena dapat merangsang perut. Sebaiknya konsumsi buah dan sayur lebih banyak," sarannya. 

6. Pikiran yang tenang juga diperlukan agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hilangkan pikiran sugestif yang membuat Anda semakin sulit tidur.  Selain itu, jangan memikirkan masalah yang tengah dihadapi karena hal itu akan membuat Anda semakin sulit tidur. 

"Jika dari awal Anda berpikir tak akan bisa tidur, maka Anda akan kesulitan tidur. Oleh karena itu, hilangkan pikiran tersebut dan ikhlas saja," tambahnya. 

Untuk kamar tidur, dr. Astuti menegaskan bahwa ruangan tersebut adalah tempat istirahat dimana tak ada kegiatan lain yang bisa dilakukan kecuali tidur. Dan untuk menunjangnya, ia menyarankan agar tak banyak barang diletakkan di dalamnya. 

"Supaya bisa memicu rasa kantuk, cobalah membaca buku pengantar tidur atau menyetel musik relaksasi," tutupnya.







(TIN)