Manfaat Olahraga dengan Alat Kebugaran

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 Nov 2016 18:28 WIB
tips kesehatan
Manfaat Olahraga dengan Alat Kebugaran
(Foto: UCB)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berolahraga dengan alat di pusat kebugaran menjadi langkah yang diyakini tepat untuk membentuk massa otot. Namun, seberapa efektifkan pengaruhnya bila dibandingkan berolahraga tanpa alat?

"Tentu ada perbedaan. Saat sudah rutin olahraga, diperlukan peningkatan agar kekuatan otot pun ikut meningkat," jelas dr Andi Kurniawan, SpKO dalam acara Media Gathering Taiwan Excellence by TAITRA, Kamis (10/11/2016).

Selain untuk meningkatkan kekuatan otot, penggunaan alat olahraga, seperti dempel atau resistance band juga dapat menambah beban sehingga ada tantangan dalam berolahraga.

Untuk orang yang memiliki kondisi tertentu, seperti pada penderita gangguan sendi, dr Andi lebih menganjurkan menggunakan alat olahraga.

"Bagi penderita gangguan sendi, tidak disarankan melakukan olahraga seperti lari yang dapat berisiko tinggi karena tumpuan pada bagian sendi," ujarnya memberi contoh.

Olahraga sepeda yang menggunakan alat lebih disarankan bagi penderita gangguan sendi karena memiliki risiko cedera yang lebih kecil.

Namun, terlepas dari menggunakan alat atau tidak, dr Andi lebih memprioritaskan bagaimana memulai kebiasaan olahraga terlebih dahulu.

"Bisa dimulai dengan olahraga ringan yang berdurasi pendek, yang penting ada progresifnya semakin lama," sarannya.


(DEV)