Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Nov 2016 16:41 WIB
tips kesehatan
Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Air adalah salah satu kandungan alami dari alam yang tak memiliki aatu pun efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, cairan ini sangat disarankan untuk diminum langsung setelah bangun tidur di pagi.

Mengapa demikian? Berikut alasannya, seperti dilansir Boldsky.

1. Menghidrasi ulang tubuh

Tubuh kita mengalami dehidrasi setelah berjam-jam tidur. Oleh karena itu, ketika bangun di pagi hari, segeralah minum air untuk menghidrasi ulang sekaligus menyegarkan tubuh sehingga menjadi berenergi.

2. Membuang racun

Ketika tubuh memperbaiki diri saat tertidur, makan racun yang dihasilkan perlu dikeluarkan. Jadi, minum air beberapa menit setelah terbangun membantu membersihkan racun dalam tubuh sehingga tetap sehat.

3. Membantu mengurangi konstipasi

Salah satu penyebab konstipasi atau sembelit adalah dehidrasi. Minum air di pagi hari dapat membantu mengatasi konstipasi dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Memperlancar metabolisme

Minum air putih setelah bangun membantu meningkatkan metabolisme dan menyediakan energi dengan cepat.

5. Bantu turunkan berat badan

Beberapa studi menunjukkan bahwa minum air puti di pagi hari setelah bangun tidur membantu mengurangi berat badan.

6. Memperlancar pencernaan

Kurangnya asupan air dalam tubuh adalah salah satu penyebab gangguan pencernaan. Jika perut yang kosong segera terisi air, maka sistem pencernaan pun akan membaik.

7. Membantu mencegah rasa panas di perut

Minum air di pagi haru dpat membantu menurunkan kadar asam dalam perut dan mencegah timbulnya rasa panas pada bagian tersebut.

8. Meningkatkan fungsi otak

Ketika tubuh dehidrasi, maka fungsi otak pun ikut terganggu. Minum air putih di pagi hari dapat membantu meningkatkan fungsi otak sengan cepat.


(DEV)