Enam Alasan Jeruk Penting untuk Anak-Anak

Torie Natalova    •    Jumat, 16 Nov 2018 16:13 WIB
kesehatan
Enam Alasan Jeruk Penting untuk Anak-Anak
Jeruk adalah sumber mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor juga potasium yang penting untuk kesehatan jantung. (Foto: Joseph Gonzalez/Unsplash.com)

Jakarta: Rasa asam bercampur manis pada buah jeruk, seringkali disukai oleh anak-anak. Tak perlu khawatir dengan rasa manis dan asamnya, karena sebenarnya semua jenis buah jeruk mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh anak-anak.

Ada beberapa alasan utama mengapa buah jeruk sangat berguna untuk kesehatan anak-anak. Berikut beberapa diantaranya:

1. Sumber vitamin C yang tinggi
Buah jeruk dikenal mengandung vitamin C tinggi, antioksidan yang kuat. Vitamin C larut dalam air, bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mempertahankan tubuh dari flu dan batuk.

2. Mengandung potasium
Jeruk adalah sumber mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor juga potasium yang penting untuk kesehatan jantung.

(Baca juga: Kisah Pilu di Balik Lagu Thailand "Wik Wik Wik")


(Buah jeruk dikenal mengandung vitamin C tinggi, antioksidan yang kuat. Foto: Hannah Pemberton/Unsplash.com)

3. Serat larut
Buah jeruk mengandung serat larut yang merupakan sumber nutrisi mencegah masalah pencernaan dan meringankan sembelit pada anak.

4. Tidak menaikkan gula darah
Rasa manis pada jeruk tidak akan meningkatkan gula darah mereka. Serat dalam jeruk membuat buah-buahan ini memakan waktu lebih lama bagi tubuh untuk mencerna sehingga gula diserap secara perlahan. Menjaga gula darah anak tetap stabil akan mencegah mereka dari kenaikan berat badan.

5. Dipenuhi flavonoid
Senyawa tumbuhan alami ini adalah antioksidan kuat yang meredakan peradangan, melindungi terhadap kanker dan menjaga kesehatan otak, serta membantu jantung tetap sehat.

6. Bantu hidrasi tubuh
Sulit untuk membuat anak-anak rutin minum air putih, sedangkan tubuh mereka butuh tetap terhidrasi. Jeruk dapat membantu menghidrasi tubuh karena sebagian besar jeruk terdiri dari air.




(TIN)