Makanan untuk Menjaga Berat Badan dan Menurunkan Kolesterol

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 26 Feb 2019 08:00 WIB
kalbe nutritionals
Makanan untuk Menjaga Berat Badan dan Menurunkan Kolesterol
Whole grain bagus untuk menjaga berat badan dan menurunkan kolesterol

Jakarta: Makanan berbasis biji-bijian utuh atau whole grain sering disarankan untuk dikonsumsi. Biji-bijian utuh menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Whole grain merupakan sebuah produk makanan berbasis biji-bijian yang disajikan tanpa melalui proses pengolahan atau penggilingan. Contoh bahan makanan dari biji-bijian utuh ialah gandum, oat, quinoa, beras, sorghum, barley, dan jagung.

Mengonsumsi biji-bijian utuh biasanya menjadi menu utama bagi yang sedang melakukan diet. Rajin mengonsumsi setiap hari akan membentuk badan yang ideal dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Selain mampu menurunkan berat badan, berikut tujuh manfaat mengonsumsi biji-bijian utuh.

1. Mengandung Banyak Serat

Biji-bijian utuh mengandung dua jenis serat, yakni larut dan tidak larut yang keduanya bermanfaat bagi kesehatan. Secara umum, serat akan membuat rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat dalam biji-bijian utuh membuat pergerakan usus teratur. Biji-bijian utuh juga mengandung asam laktat yang menghasilkan bakteri baik di usus besar untuk meningkatkan penyerapan nutrisi yang baik dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi menemukan pria yang makan lebih dari tujuh porsi sarapan sereal gandum per minggu mengalami risiko hipertensi 19 persen lebih rendah dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi sereal gandum.

4. Mengontrol Berat Badan

Orang yang sering mengonsumsi biji-bijian utuh lebih cenderung terjaga berat badannya. Sebuah penelitian menunjukkan perempuan yang mengonsumsi paling banyak roti gandum, beras merah, dan roti hitam memiliki risiko 49 persen lebih rendah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan perempuan yang menyukai donut dan roti putih.

5. Mengontrol Gula Darah

Biji-bijian utuh membantu menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Dalam sebuah studi, perempuan yang makan dua hingga tiga porsi biji-bijian sehari memiliki risiko diabetes 30 persen lebih rendah dibandingkan perempuan yang makan sedikit atau tidak sama sekali mengonsumsi makanan berbasis biji-bijian utuh. 

6. Mengurangi Lemak

Penelitian menunjukkan biji-bijian utuh membantu mengurangi jumlah lemak tubuh dan mendistribusikan lemak yang lebih sehat. 

7. Menurunkan Kolesterol

Biji-bijian utuh tidak hanya membantu mencegah tubuh menyerap kolesterol LDL, namun juga menurunkan trigliserida. Keduanya merupakan penyumbang utama penyakit jantung. Biji-bijian utuh memberi manfaat bagi kesehatan jantung.

Manfaat biji-bijian utuh dalam menurunkan kolesterol juga ditemukan dalam Nutrive Benecol. 
Mengonsumsi Nutrive Benecol terbukti membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol. PSE ditemukan pada golongan tumbuhan seperti jagung, rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, gandum, dan tanaman lainnya dalam jumlah yang tidak banyak. 

Minuman smoothies ini hadir dalam beberapa varian rasa, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix, dan chocolate. Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol!



(ROS)