Empat Tanda Bayi Sudah Merasa Kenyang

Torie Natalova    •    Jumat, 14 Dec 2018 19:58 WIB
perkembangan anak
Empat Tanda Bayi Sudah Merasa Kenyang
Baik menggunakan botol susu atau menyusui langsung dari ibu, mungkin orang tua akan bertanya-tanya, adakah tanda yang jelas bahwa bayi mereka sudah kenyang. (Foto: Michal Bar Haim/Unsplash.com)

Jakarta: Bayi baru lahir hingga berusia enam bulan, mengandalkan susu atau ASI sebagai makanan utama untuk kelangsungan hidupnya. Baik menggunakan botol susu atau menyusui langsung dari ibu, mungkin orang tua akan bertanya-tanya, adakah tanda yang jelas bahwa bayi mereka sudah kenyang.

Terkadang, beberapa orang tua akan membuat lubang botol susu lebih besar agar bayi mereka dapat dengan cepat menghisap susu dan cepat kenyang. Menurut Dr Linda Palmer, rasa kenyang sementara ini membuat bayi lapar tak lama setelahnya.

Seharusnya, orang tua memberikan susu bayi mereka secara teratur setiap dua jam sekali. Kebanyakan bayi menurut Linda dapat mengatur diri sendiri dengan cukup efisien dalam hal makanan.
 
(Baca juga: Ini Penyebab Anak Terbangun dan Menangis Histeris di Malam Hari)


(Baik menggunakan botol susu atau menyusui langsung dari ibu, mungkin orang tua akan bertanya-tanya, adakah tanda yang jelas bahwa bayi mereka sudah kenyang. Foto: Ilustrasi. Dok. Filip Mroz/Unsplash.com)

Memberikan makan sesuai kebutuhan biasanya bekerja paling baik. Bayi akan memberitahu orang tuanya jika merasa lapar.

Berhenti menyusui ketika mereka tampak kenyang. Adapun beberapa tanda bayi sudah merasa kenyang seperti berikut:

1. Bayi biasanya akan memalingkan kepala, tertidur atau mulai memuntahkan makanan yang dimakannya.
2. Beri susu sesuai permintaan dan pastikan bahwa bayi yang baru lahir minum setiap dua jam.
3. Ukuran makanan bukan bergantung pada takaran yang ada di botol susu, melainkan pada bayi Anda sendiri.
4. Hindari makanan bergula yang dapat menyebabkan makan berlebih. Bayi tidak membutuhkan tambahan gula dalam makanan mereka dan kenikmatan dari makanan manis dapat mendorong mereka makan lebih banyak makanan walau sudah kenyang.

Saat bayi mulai makan makanan padat, terapkan prinsip yang sama. Hindari memaksakan makan pada anak sesuai porsi yang diinginkan karena terkadang mereka sudah merasa kenyang




(TIN)