Beberapa Kelebihan dari Otak Perempuan

A. Firdaus    •    Senin, 17 Dec 2018 17:05 WIB
psikologi
Beberapa Kelebihan dari Otak Perempuan
Proses menangkap informasi dengan cepat, membuat perempuan lebih sensitif mengolah sesuatu. (Foto Ilustrasi: Priscilia du Preez/Unsplash.com)

Jakarta: Perempuan biasa dikenal dengan sosok yang paling gampang emosi. Sehingga mereka kerap mengungkapkan emosi dengan cepat.

Hal tersebut diakui oleh Putri Evania dalam bukunya 'Menguak Rahasia Otak Perempuan". Ia mengatakan bahwa emosi perempuan lebih terlihat ketika secara terang-terangan. Seperti menangis dan berbicara lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki.

Meski demikian, itu sebenarnya merupakan faktor kelebihan tersendiri buat perempuan. Terutama otak. Sebab jika dibandingkan dengan laki-laki, otak yang dimiliki perempuan lebih banyak stimulan dalam memproses emosi. Tepatnya melalui indra yang lebih lengkap.

"Pada dasarnya, otak dan tubuh perempuan menerima sinyal-sinyal emosi dari orang lain. Informasi ini dikirim melalui sirkuit otak untuk mencari kecocokan data dalam bank memori emosi. Proses yang dilakukan itu berbeda-beda pada setiap orang," ujar Putri.

Proses menangkap informasi dengan cepat, membuat perempuan lebih sensitif mengolah sesuatu. Tak heran jika perempuan lebih mudah menangis sebanyak empat kali dibandingkan dengan laki-laki.

"Hal tersebut tidak terlepas dengan perbedaan mekanisme kerja dalam otak laki-laki dan perempuan," terangnya.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki otak perempuan:
-Menurut para ilmuwan, laki-laki tidak sehebat perempuan dalam membaca ekspresi wajah dan emosi, terutama dalam hal kesedihan dan keputusasaan. 

-Perempuan juga mampu membaca pikiran orang lain dengan cara menebak perasaan dan pikiran melalui petunjuk-petunjuk tertentu. Misalnya, dari mata dan ekspresi wajah.

-Perempuan memiliki kemampuan untuk menilai dan berusaha tidak menyakiti perasaan orang lain. Sebuah penelitian psikoterapis di California State University menemukan bahwa terapis perempuan membina hubungan antarsesama secara stimulan karena perasaan nyaman dengan suasana tersebut.

-Perempuan menerima data emosi disertai dengan gejala fisik yang tidak nyaman. Misalnya perut seperti diremas, serta detak jantung yang meningkat. Hal itu juga menandakan naiknya emosi karena tubuh mengirimkan pesan ke insula.

Tips Kulit Cantik Tanpa Harus Mahal



(TIN)