Keadaan Keluarga Tentukan Kondisi Mental Remaja

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 02 Oct 2018 13:54 WIB
kesehatan mental
Keadaan Keluarga Tentukan Kondisi Mental Remaja
(Foto: India TV)

Jakarta: Kondisi fisik dan mental seseorang cenderung mengalami pergolakan besar pada masa remaja. Namun, bagaimana kemudian kesehatan mental berkembang bergantung pada kondisi di rumah. 

"Situasi rumah tangga dan pengasuhan adalah pokok, seberapa beruntung remaja berada pada rumah tangga yang ideal," ujar ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia DR Indria Laksmi Gamayanti, MSi dalam temu media di Jakarta, Selasa, 2 Oktober 2018. 

Jika tercapai dengan baik, maka besar kemungkinan remaja berada dalam kondisi mental yang baik. Sementara, jika belum, perlu dipikirkan bagaimana agar anak tetap sehat jiwa. 

"Tak semua remaja harmonis di rumah. Inilah mengapa perlu pendampingan bagi mereka agar memiliki ketahanan mental yang baik."

Di satu sisi, berbagai perubahan yang dialami remaja dapat memicu perubahan perilaku dan emosi. 

"Yang bila tak terarah dengan baik akan menyebabkan gangguan atau masalah."

Beberapa di antaranya adalah tuntutan untuk mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam hal pendidikan dan kehidupan sosial.

"Perubahan gaya hidup dan perkembangan teknologi juga termasuk hal-hal yang menambah kompleksitas."

Oleh karena itu, Gamayanti menyarankan agar perhatian akan kesehatan jiwa remaja juga digaungkan dalam bidang pendidikan, yang berdekatan dengan kehidupan remaja. Beberapa aktivitas sekolah seperti Pramuka, Palang Merah Remaja, kesenian, atau pecinta alam adalah contoh beberapa aktivitas yang membantu mengembangkan kesehatan jiwa mental yang lebih baik. 





(DEV)