Perut Susah Langsing Kembali setelah Melahirkan? Ini Penyebabnya

Torie Natalova    •    Selasa, 17 Apr 2018 18:06 WIB
kehamilan
Perut Susah Langsing Kembali setelah Melahirkan? Ini Penyebabnya
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita saat hamil hingga melahirkan. Setelah melahirkan, salah satu masalah yang biasanya muncul adalah perut yang tak lagi rata. 

Perut yang terlihat buncit setelah melahirkan bahkan setelah berat badan kembali normal. Ini adalah kondisi yang disebut diastasis rekti.

Kondisi in terjadi ketika ikatan-ikatan paralel otot perut terpisah karena perut harus mengakomodasi bayi yang tumbuh di dalam rahim Anda. Ini terjadi pada dua pertiga wanita hamil.

Diastasis rekti tak hanya membuat perut terlihat buncit, tetapi juga bisa berakhir dengan bagian tengah perut yang lemah, sulit menahan buang air kecil, dan nyeri punggung.

Apa penyebab diastasis rekti? 

Ini terjadi selama kehamilan karena Anda hanya memiliki begitu banyak ruang di perut untuk menahan pertumbuhan bayi. Bayi juga dapat memberi begitu banyak tekanan pada perut sehingga otot-otot tidak dapat mempertahankan bentuknya.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko diastasis rekti seperti mengangkat beban berat, memiliki otot tengah yang lemah sebelum kehamilan, memiliki tubuh yang pendek, dan kehamilan kembar.

Salah satu cara untuk mencegah diastasis rekti adalah membangun kekuatan bagian tengah perut sebelum hamil dan pada tahap awal kehamilan. Hindari juga mengangkat benda-benda berat selama kehamilan.

Bagaimana cara mengatasi diastasis rekti?

Beberapa wanita yang beruntung, diastasis rekti dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pada wanita lain latihan tertentu dan bahkan operasi, diperlukan untuk membantu pemisahan otot perut.

Pengobatan diastasis rekti lebih baik dilakukan setelah Anda melahirkan karena perut akan lebih datar saat itu. Perawatan diastasis rekti sebagian besar termasuk latihan atau olahraga yang menekankan otot rectus abdominus dan otot abdominus transversusu (lapisan otot di depan dan samping dinding perut Anda).

Jika Anda menduga memiliki diastasis rekti, jangan coba untuk mengobatinya sendiri. Latihan tertentu seperti sit up, sebenarnya dapat membuatnya lebih buruk.


Lihat video:





(DEV)