Tips Menghilangkan Bau pada Kaki Bayi

Raka Lestari    •    Selasa, 05 Jun 2018 16:12 WIB
tips kesehatan
Tips Menghilangkan Bau pada Kaki Bayi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tidak hanya orang dewasa, bayi juga memiliki bau yang khas yang kurang sedap. Bau pada kaki bayi memang kebanyakan tidak berbahaya, tetapi bisa juga merupakan tanda alergi.

Tidak perlu panik, beberapa bahan alami ini bisa mengusir bau tak sedap pada kaki bayi. 

1. Tepung maizena

Salah satu alasan utama kenapa kaki bayi memiliki bau yang tidak sedap adalah karena mereka masih belum bisa mempertahankan kelembaban tubuh, terutama jika tubuh selalu tertutup rapat. Agar tidak terlalu banyak berkeringat, gunakan tepung maizena, bedak tabur, atau soda kue tipis-tipis pada sepatu mereka agar bisa menyerap kelembaban. 

2. Membeli lebih banyak sepatu

Alasan lain kenapa kaki bayi Anda berbau adalah karena mereka menggunakan sepatu yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Hal itu bisa menyebabkan kaki bayi menjadi lebih berbau. Selain itu, pilih yang terbuat dari bahan alami, seperti kanvas atau kulit daripada plastik, agar sirkulasi udara bisa lebih baik. 

3. Mencucinya dengan cuka

Cobalah mencuci kaki bayi Anda dengan campuran cuka  dan air hangat. Cuka putih dapat membantu melawan bakteri yang dapat menyebabkan kaki bau. 

4. Pilih kaus kaki berbahan katun

Pastikan kaus kaki mereka berbahan dasar katun, bukan serat sintetis. David Gellar, dokter anak di Massachusetts General Hospital mengatakan bahwa Anda harus melepas sepatu dan kaus kaki bayi sesering mungkin. 

5. Tidak perlu menggunakan losion 

Dr Claire McCarthy mengatakan bahwa lotson dapat memblokir pori-pori dan memperburuk keadaan. Sebaliknya, taburkan bedak bayi atau bedak tabur untuk membantu menjaga kaki bayi tetap kering.






(DEV)