Benarkah Makanan Ini Dapat Membantu Kehamilan?

Torie Natalova    •    Sabtu, 12 May 2018 08:00 WIB
kehamilan
Benarkah Makanan Ini Dapat Membantu Kehamilan?
Benarkah Makanan Ini Dapat Membantu Kehamilan? (Foto: gettyimages)

Jakarta: Saat memutuskan untuk menikah dan siap memiliki bayi, Anda para wanita pasti ingin segera hamil. Terkadang, kehamilan tak secepat yang diinginkan. Beberapa pasangan mengalami kendala memiliki keturunan.

Kini, sebuah tinjauan dari Harvard terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology mengatakan bahwa makanan yang dikonsumsi benar-benar dapat membuat perbedaan dalam seberapa cepat Anda hamil.

Memang, kehamilan tidak hanya karena pola makan, tetapi ada banyak faktor lain yang berperan seperti usia, kondisi kesehatan yang mendasarinya, dan lain-lain.

Para peneliti studi menemukan beberapa hubungan antara makanan tertentu dan frekuensi infertilitas yang lebih rendah dan keberhasilan yang lebih besar dalam perawatan kesuburan seperti program IVF atau bayi tabung.

Ada beberapa makanan yang mungkin dapat membantu Anda yang sedang berusaha untuk hamil seperti ikan berlemak (tuna, salmon), kenari, kedelai, minyak ikan, makanan laut, unggas, biji-bijian utuh, buah dan sayuran.

Semua makanan ini terkait dengan kesuburan yang lebih baik pada wanita dan kualitas semen yang lebih baik pada pria. Para peneliti juga menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf, cacat lahir pada otak, tulang belakang dan sumsum tulang belakang.

Sementara itu, meski penelitian tidak mengatakan bahwa makanan tertentu sepenuhnya dapat mengganggu kesuburan, tetapi itu menunjukkan beberapa hal yang tidak akan membantu kehamilan. Makanan tersebut seperti keju, kuning telur, sereal yang diperkaya vitamin D, suplemen antioksidan, khususnya untuk wanita yang menjalani program kehamilan dengan IVF.



 


(ELG)