Aktivitas Sehari-hari Ini Setara dengan Berolahraga bagi Bumil

Raka Lestari    •    Senin, 07 May 2018 15:44 WIB
kehamilan
Aktivitas Sehari-hari Ini Setara dengan Berolahraga bagi Bumil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Olahraga merupakan bagian penting dari kehamilan yang sehat. Olahraga yang teratur dapat membantu meringankan ketidaknyamanan, stres, dan membantu mempersiapkan tubuh serta mental untuk melahirkan.

Namun,  terkadang beberapa jenis olahraga sedikit merepotkan sehingga banyak bumil yang malas berolahraga. 

Dilansir dari Romper, di bawah ini terdapat beberapa aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan ibu hamil dan bisa dianggap sebagai olahraga juga.

1. Membereskan tempat tidur

Membereskan tempat tidur ketika sedang hamil merupakan aktivitas yang setara dengan berolahraga. Membereskan bantal dan guling atau melipat selimut setidaknya bisa membuat badan Anda bergerak. 

2. Pergi ke kamar mandi

Sering buang air kecil sering menjadi salah satu tanda pertama kehamilan, yang kemudian akan lebih sering terjadi lagi di trimester ketiga. Setiap perjalanan Anda menuju ke kamar mandi bisa dihitung juga sebagai olahraga, terutama jika Anda sering pergi ke kamar mandi.

3. Berdiri

Seiring dengan bertambah besarnya kehamilan, berdiri merupakan posisi yang cukup sulit, terutama setelah duduk atau tidur. Dan jika Anda sering melakukannya, Anda akan mengeluarkan keringat yang sama seperti ketika Anda berolahraga.

4. Berbelanja

Mengambil barang di tempat yang cukup tinggi, mendorong trolley, memindahkan barang-barang, hingga menyetir mobil menuju supermarket membutuhkan tenaga yang hampir sama dengan ketika Anda mengikut latihan barre di kelas olahraga.

5. Berhubungan seks

Menurut Mayo Clinic, seks selama kehamilan umumnya aman, asalkan semuanya berjalan normal.

Lihat video:




(DEV)