Posisi Duduk yang Baik untuk Bumil saat Mudik

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 09 Jun 2018 15:28 WIB
tips mudik
Posisi Duduk yang Baik untuk Bumil saat Mudik
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Duduk adalah posisi yang paling mendominasi selama perjalanan mudik dengan menggunakan jenis kendaraan apapun. Untuk beberapa kondisi, posisi tersebut meningkatkan rasa tak nyaman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bumil ketika duduk cukup lama selama dalam perjalanan mudik. 

Pertama, duduklah di bagian ujung kursi sambil membungkuk. Kemudian, tariklah tubuh ke atas dan tekan lekukan punggung sejauh mungkin dan tahan beberapa detik. Rilekskan bagian tubuh setelahnya. 

Selain itu, pastikan berat badan seimbang di pinggul dngan posisi pinggul dan lutuk tegak urus dan telapak kaki datar. Hindari menyilangkan kaki. 

Pastikan Anda selalu berganti posisi duduk setiap 30 menit. Jika ingin berdiri, berpindahlah hingga mendekati ujung kursi dan luruskan kaki terlebih dahulu. Hindari membungkuk sebelum berdiri. 

Kemudian, berikut adalah beberapa posisi duduk yang sebaiknya dihindari bumil. 

1. Posisi membungkuk 

Hindari posisi duduk yang buruk ini selama kehamilan untuk melindungi tulang belakang. Membungkuk ke depan memberi tekanan pada perut, yang tidak hanya tidak nyaman, tetapi berpotensi membahayakan bayi. Selama kehamilan akhir, tulang rusuk yang lebih rendah dapat memberi tekanan pada tubuh bayi dan berpotensi meninggalkan bekas.

2. Kaki menggantung 

Posisi ini akan meningkatkan aliran darah ke kaki, yang bisa menyebabkan pembengkakan. Meskipun kaki bengkak adalah wajar selama kehamilan, posisi duduk yang buruk akan memperburuk situasi.

3. Duduk tanpa sandaran

Posisi ini dapat membebani punggung sehingga menyebabkan lebih banyak sakit punggung selama kehamilan. Hindari duduk di kursi tanpa sandara dan kursi dengan punggung rendah. Carilah kursi dengan dukungan punggung yang cukup untuk membuat Anda tetap tegak.

4. Setengah duduk

Banyak orang melakukan posisi ini di tempat tidur. Posisi tersebut memberi tekanan pada punggung dan dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam ketika duduk dalam waktu lama.





(DEV)