Mengapa Bayi sering Tertidur Ketika sedang Disusui?

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Apr 2018 06:55 WIB
air susu ibu
Mengapa Bayi sering Tertidur Ketika sedang Disusui?
"Bayi tidur setelah menyusui karena semua kebutuhan mereka terpenuhi ," ujar Leigh Anne O'Connor, International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC). (Foto: Dave Clubb/Unsplash.com)

Jakarta: Menyusui bayi akan lebih mudah dilakukan jika bayi dalam keadaan terbangun. Namun terkadang, ketika sedang disusui bayi akan tertidur sehingga membuat Anda cukup merasa kesulitan.

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, mengapa bayi sering sekali tertidur ketika habis menyusui atau ketika mereka sedang menyusui?

"Bayi tidur setelah menyusui karena semua kebutuhan mereka terpenuhi yaitu perasaan lapar, haus, sentuhan, penciuman, dan mereka pun merasa kenyang," ujar Leigh Anne O'Connor, International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC) mengatakan kepada Romper. 

"Bayi membutuhkan banyak tidur dan menyusui yang sering. Dan menyusui membutuhkan banyak energi, mengingat bayi menggunakan otot dan otak mereka saat menyusui."

Dan itu adalah sesuatu yang alamiah, ujar Beth McMillan seorang konsultan laktasi. "Bayi secara biologis dirancang untuk tidur di payudara," katanya. 


("Bayi membutuhkan banyak tidur dan menyusui yang sering. Dan menyusui membutuhkan banyak energi, mengingat bayi menggunakan otot dan otak mereka saat menyusui," ujar Beth McMillan seorang konsultan laktasi. Foto: Leandro Cesar Santana/Unsplash.com)

(Baca juga: Kapankah Durasi Menyusui Bayi Mulai Menurun?)

"Ini adalah sesuatu yang jelas bahwa kandungan ASI dan respons hormonal bayi saat menyusui akan membuat bayi tertidur ketika sedang menyusui. ASI bahkan dapat merubah komponen di dalamnya yang dapat merangsang bayi untuk tidur selama sore hingga malam hari."

Namun, jika Anda menginginkan bayi untuk tidak tertidur selama menyusui maka Anda mungkin perlu beberapa cara untuk memastikan mereka disusui dengan benar. Pertama-tama, periksa cara menggendong Anda. Menurut The Bump, cara menggendong yang salah bisa menyebabkan bayi kehilangan minat untuk menyusui dan tertidur.

Kemudian jika cara menggendong Anda sudah benar, namun bayi masih tetap tertidur cobalah dengan melakukan kontak skin to skin dengan bayi untuk merangsang ketertarikan bayi Anda atau menggelitik kaki atau tangan mereka agar mereka tetap terbangun.





(TIN)