Hindari Melakukan Ini saat Eksfoliasi Kulit

   •    Senin, 23 Apr 2018 16:09 WIB
kesehatan kulit
Hindari Melakukan Ini saat Eksfoliasi Kulit
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Eskfoliasi atau pelepasan epodermis dari kulit terutama bagian wajah disebut banyak memberikan manfaat jika dilakukan secara benar. Tak hanya membuat kulit wajah terasa sehat dan segar namun juga dapat mengembalikan kelembutan kulit.

Namun di balik beragam manfaat itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama mengeksfoliasi kulit. Salah satunya adalah menggosok kulit terlalu keras dengan tujuan agar sel-sel kulit mati lebih cepat terkelupas.

Melansir Khaleejtimes, berikut beberapa hal yang harus dihindari saat mengeksfoliasi kulit agar sel-sel kulit tidak berujung pada kerusakan

Jangan pakai lulur badan
Kerap kali lulur badan digunakan sekaligus untuk wajah hanya karena alasan praktis. Tapi sebelum melakukan itu perlu diketahui bahwa lulur badan tidak cocok untuk wajah.

Kulit wajah terlalu sensitif jika dieksfoliasi menggunakan lulur badan. Untuk hasil terbaik gunakan scrub khusus wajah yang mampu mengeksfoliasi kulit dengan lebih lembut.

Jangan digunakan setiap hari
Eksfoliasi kulit setiap hari justru berpotensi merusak kulit. Mengangkat sel-sel kulit mati dengan scrub tak perlu dilakukan lebih dari dua kali dalam seminggu.

Jangan menggosok bagian tubuh yang baru dicukur
Kulit tubuh setelah bercukur akan lebih sensitif dari biasanya. Akan lebih baik jika eksfoliasi dilakukan sebelum bercukur namun jangan berlebihan.

Jangan eksfoliasi kulit kepala
Kulit kepala sudah dilindungi oleh rambut sehingga eksfoliasi adalah kegiatan yang sia-sia. Sebagai gantinya gunakan sampo berbahan asam untuk menyingkirkan kulit kering dan ketombe.

Jangan menggosok terlalu keras
Menerapkan terlalu banyak tekanan saat eksfoliasi selain terasa lebih menyakitkan juga tak baik bagi kulit. Bahkan scrub dengan merek ternama dan mahal bukan solusi terbaik.

Boleh jadi hasil eksfoliasi terbaik justru didapatkan dari scrub yang dibuat sendiri. Resep scrub favorit yang paling mudah dibuat dan bisa digunakan secara teratur adalah campuran gula pasir, minyak lavender, dan parutan kelapa kering. Tekstur dari scrub ini tak terlalu kasar di kulit namun memiliki aroma yang menenangkan.




(MEL)