Empat Olahraga yang Cocok untuk Penderita Asma

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 06 Jul 2018 18:15 WIB
asma
Empat Olahraga yang Cocok untuk Penderita Asma
Olahraga air sangat bagus untuk penderita asma. (Foto: Artem Verbo/Unsplash.com)

Jakarta: Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Tidak demikian bagi penderita asma karena meningkatkan gejala seperti mengi, batuk, dan sesak napas.

Meskipun begitu, tidak sepenuhnya penderita asma tidak bisa berolahraga. Asalkan, aktivitas yang membuat tubuh berkeringat tersebut dilakukan dengan baik dan menjaga gejala asma di bawah kontrol. Jangan lupa juga agar menempatkan inhaler di dekat Anda.

Dikutip dari CNN, berikut jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh penderita asma, yaitu:

1. Berenang
Olahraga air sangat bagus untuk penderita asma. Berenang membantu membangun otot tubuh bagian atas, termasuk yang digunakan untuk bernapas. Cobalah berenang beberapa putaran atau bergabung dengan kelas aerobik air di gym lokal. 

(Baca juga: 5 Kondisi yang Mirip dengan Gejala Asma)


(Penelitian menunjukkan, melakukan teknik pernapasan yoga secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dewasa yang sehat. Foto: Jared Rice/Unsplash.com)

2. Yoga
Yoga adalah cara yang bagus untuk nada tubuh sambil membantu menjadi lebih sadar akan pernapasan Anda. Pose tertentu, seperti Bridge dan Cobra, membuka area dada, meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot di sekitar paru-paru. 

Penelitian menunjukkan, melakukan teknik pernapasan yoga secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dewasa yang sehat. Beberapa penelitian mengisyaratkan, hal itu juga membantu penderita asma meringkan penyakitnya.

3. Jalan santai
Jalan santai merupakan salah satu olahraga santai yang cocok bagi penderita asma karena lebih ringan. Kegiatan ini dapat membuat tubuh tetap bugar, khususnya paru-paru.

Bagi penderita asma, disarankan melakukan aktivitas santai ini selama 30 menit. Kegiatan tersebut bisa dilakukan sebanyak lima hari dalam seminggu.

Sebelum jalan santai, ada beberapa tips yang harus diperhatikan, yaitu gunakan inhaler sebelum mulai jalan santai, memilih rute perjalanan yang memiliki kualitas udara bagus, 

Selanjutnya, jika udara dingin, Anda bisa mengatasi hal itu dengan menutup bagian hidung dengan syal. Sehingga Anda dapat membawa udara hangat dan lembap dan mencegah serangan asma.

Selain ketiga jenis di atas, Anda juga memilih olahraga yang tidak menuntut pergerakan tubuh yang tinggi. Anda bisa memilih olahraga seperti sepak bola atau baseball yang membuat memiliki  periode istirahat pendek saat melakukanya.




(TIN)