Kapankah Seorang Wanita Hamil Mulai Memproduksi ASI?

Raka Lestari    •    Rabu, 11 Jul 2018 11:17 WIB
kehamilan
Kapankah Seorang Wanita Hamil Mulai Memproduksi ASI?
Patricia Evans, seorang praktisi perawat memeringatkan agar Anda jangan pernah mencoba memompa kolostrum yang keluar dari payudara Anda selama awal kehamilan. (Foto: Suhyeon Choi/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak wanita yang merasakan bahwa meskipun masih mengandung, sudah bisa mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI). Hal tersebut merupakan hal yang normal, meskipun memang tidak semua wanita mengalaminya. Atau bahkan ada juga beberapa wanita yang meskipun sudah melahirkan namun ASI tidak mau keluar atau hanya menghasilkan sedikit ASI.

Menurut Leigh Anne O'Connor, Konsultan Laktasi Bersertifikat Internasional, mengatakan kepada Romper bahwa apa yang mungkin Anda pikirkan adalah kolostrum, bukan ASI. "Payudara mulai membuat kolostrum sekitar pertengahan kehamilan, antara 16-22 minggu," katanya. "Beberapa orang mengeluarkan kolostrum selama kehamilan dan beberapa tidak."

Namun jika Anda sudah melewati lebih dari setengah masa kehamilan dan belum pernah mengalami kolostrum yang keluar dari payudara, tidak perlu khawatir karena hal itu merupakan hal yang normal. 

(Baca juga: Pentingnya Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir)


(Banyak wanita yang merasakan bahwa meskipun masih mengandung, sudah bisa mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI). Foto: Ashton Mullins/Unsplash.com)

Atau jika Anda ingin mencoba mengecek apakah tubuh Anda sudah mulai memproduksi kolostrum atau belum, Anda bisa mencoba meremas secara lembut payudara Anda ketika sedang mandi.

Menurut Patricia Evans, seorang praktisi perawat mengatakan meskipun sangat jarang terjadi kolostrum bisa juga dihasilkan pada awal kehamilan yaitu sekitar trimester pertama kehamilan. 

Dan jika itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Evans memeringatkan agar Anda jangan pernah mencoba memompa kolostrum yang keluar dari payudara Anda selama awal kehamilan karena hal itu justru dapat menyebabkan Anda mengalami kontraksi sehingga bayi lahir prematur.

Para ahli mengatakan memompa kolostrum yang keluar dari payudara aman dilakukan setelah memasuki usia kehamilan 37 minggu. Anda bisa menyimpannya dalam kantong yang ditutup rapat, kemudian masukkan ke dalam freezer. Setelah bayi lahir, Anda bisa mencairkannya pada suhu ruang dan memberikannya kepada si kecil.




(TIN)