Apakah Acar Baik untuk Mengatasi Morning Sickness?

Raka Lestari    •    Selasa, 01 May 2018 13:50 WIB
kehamilan
Apakah Acar Baik untuk Mengatasi Morning Sickness?
Menurut situs Dr Sears, Anda perlu mengingat untuk menghindari mengonsumsi acar ketika perut kosong. (Foto: Charles Deluvio/Unsplash.com)

Jakarta: Kebanyakan wanita mengalami morning sicknes selama trimester pertama kehamilan mereka. Dan terkadang, itu tidak terjadi di pagi hari saja. Untuk beberapa wanita, rasa mual tersebut bahkan dialami selama menjalani kehamilan.

Dan para wanita, umumnya ingin mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mual selama kehamilan tersebut. 

"Mual dan muntah di pagi hari bisa hilang dengan mengonsumsi lemon, makanan dengan rasa jahe, atau makanan asam. Dan acar yang memiliki rasa asam, tajam, dan getir, rasa-rasa yang wanita hamil cenderung inginkan. Acar bisa membantu meringankan mual di pagi hari sampai batas tertentu," ujar Amanda Capriglione, seorang ahli gizi diet terdaftar kepada Romper.com. 

Namun, karena acar sangat tinggi garam, mereka bisa membuat Anda merasa lebih buruk dan kembung, tambah Capriglione.


(Menurut situs Dr Sears, Anda perlu mengingat untuk menghindari mengonsumsi acar ketika perut kosong. Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Pola Makan Selama Hamil Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak)

"Juga, perlu diingat bahwa wanita hamil dengan preeklamsia perlu menghindari kelebihan garam dalam makanan mereka," katanya. Salah satu manfaat dari acar adalah karena rasa asinnya tersebut menyebabkan mereka yang mengonsumsinya membutuhkan lebih banyak air putih untuk menetralkan rasanya. Dan mengonsumsi banyak air putih adalah hal yang dibutuhkan oleh wanita hamil, ujar Capriglione. 

Anda bisa mencoba dengan acar jahe, jenis acar yang sering disajikan bersama dengan sushi untuk membantu meringankan morning sickness Anda atau acar mentimun dengan air lemon atau cuka dan sedikit garam untuk membuat acar buatan sendiri. 

Namun, bagi sebagian wanita, rasa asin dan asam justru dapat menyebabkan mual dan muntah. Menurut situs Dr Sears, Anda perlu mengingat untuk menghindari mengonsumsi acar ketika perut kosong. Perut yang kosong sangat sensitif terhadap air liur dan akan menyebabkan rasa mual. 




(TIN)