Pentingnya Ibu Hamil Menghindari Makanan Pemicu Diabetes

Torie Natalova    •    Sabtu, 15 Dec 2018 07:00 WIB
diabeteskehamilan
Pentingnya Ibu Hamil Menghindari Makanan Pemicu Diabetes
Pentingnya Ibu Hamil Menghindari Makanan Pemicu Diabetes (Foto: stocksy)

Jakarta: Wanita hamil sangat penting menjaga asupan makanannya untuk kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Sebagai contoh, sangat penting bagi wanita hamil untuk mengonsumsi protein, kalsium, zat besi, folat, vitamin C, omega-3, DHA, dan serat yang cukup.

Penting juga bagi wanita hamil untuk mengurangi konsumsi kafein dan menghindari alkohol, ikan merkuri tinggi dan makanan mentah seperti daging atau telur mentah. Di masa depan, gluten juga bisa dimasukkan dalam daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil.

Sebuah penelitian baru melibatkan lebih dari 63 ribu wanita hamil yang mengonsumsi gluten selama kehamilan. Anak-anak yang lahir dari wanita yang mengonsumsi gluten selama hamil, berisiko mengembangkan diabetes tipe-1 dua kali lipat.

Para peneliti juga mengatakan, paparan gluten telah meluas hingga usus dan mungkin melibatkan sistem kekebalan tubuh.

Para ibu yang merasa mengonsumsi banyak gluten selama kehamilan, bisa mempertimbangkan untuk memberikan anak-anak mereka lebih tinggi serat prebiotik dan probiotik yang baik untuk mendukung mikroba sehat dalam usus.

Tak hanya orang dengan penyakit celiac yang harus menghindari gluten. Mengurangi gluten terbukti bermanfaat dalam banyak hal selain mencegah diabetes pada anak. Sensitivitas gluten dapat menyebabkan gangguan pencernaan, perubahan suasana hati dan bahkan sakit kepala.

 


(ELG)