Tanda-tanda Persalinan sudah Dekat

   •    Selasa, 11 Dec 2018 16:53 WIB
kehamilan
Tanda-tanda Persalinan sudah Dekat
Bagaimana bisa mengetahui jika Anda benar-benar sudah waktunya dalam proses persalinan? Berikut informasinya. (Foto: Heather Mount/Unsplash.com)

Jakarta: Di bulan-bulan terakhir kehamilan, terkadang Anda merasakan mulas. Mulas yang dirasakan bukan sakit perut karena terlalu banyak makan yang pedas tetapi ini adalah gejala kontraksi bahwa si kecil akan lahir.

Bagaimana bisa mengetahui jika Anda benar-benar sudah waktunya dalam proses persalinan?

Melansir dari BabyCenter, kontraksi menjelang persalinan umumnya terasa kuat dan lebih teratur. Nah, inilah yang harus Anda ketahui beberapa tanda atau gejala kontraksi ketika si kecil akan lahir.

(Baca juga: Mengenal Kegunaan Epidural Saat Melahirkan)


(Melansir dari BabyCenter, kontraksi menjelang persalinan umumnya terasa kuat dan lebih teratur. Foto: Freestocks.org/Unsplash.com)

1. Kontraksi berkala
Kontraksi muncul secara berkala setiap 5 atau 7 menit sekali, masing-masing berlangsung sekitar 30-70 detik.

2. Terasa intens
Kontraksi ini terus terasa sakit ketika Anda berganti posisi tidur dan saat beraktivitas. Bahkan, akan terasa semakin intens.

3. Rasa kontraksi
Dalam kontraksi ini sebagian ibu hamil merasakan seperti kram haid atau kram saat diare.

4. Keluar bercak darah
Perlu Anda ketahui juga, 1 atau 2 hari sebelum terjadinya kontraksi timbul bercak darah. Mungkin Anda menemukan lendir merah muda atau keputihan disertai darah. Bercak ini adalah lendir penyumbat yang menyegel leher rahim selama hamil.

5. Jika ketuban pecah..
Jika kontraksi teratur dan air ketuban Anda pecah, ini pertanda waktu persalinan sudah dekat. Dan segeralah Anda pergi ke rumah sakit bersalin terdekat.


Maria Fransiska

 


(TIN)