Seri Perkembangan Janin

Ini Tahapan Minggu ke 28-37 Janin dalam Kandungan Anda

   •    Kamis, 06 Dec 2018 13:00 WIB
kehamilan
Ini Tahapan Minggu ke 28-37 Janin dalam Kandungan Anda
Minggu ke-28 ini adalah awal dari trimester ketiga janin Anda di dalam kandungan. Ukuran berat badan si kecil akan bertambah tiga kali lipat dari minggu sebelumnya. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)

Jakarta: Minggu ke-28 ini adalah awal dari trimester ketiga janin Anda di dalam kandungan. Ukuran berat badan si kecil akan bertambah tiga kali lipat dari minggu sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, otak si kecil di dalam kadungan pun akan berkembang lebih progresif.

Seperti yang dilansir dari BabyCenter, ukuran berat badan si kecil bertambah lebih dari tiga kali lipat. Dan membangun lapisan lemak yang akan membantu membuatnya tetap hangat di luar rahim.

Minggu ini berat badan bayi Anda lebih dari 2 pon (lebih dari 907 gr). Sekarang pun mata si kecil dapat terbuka dan dapat melihat cahaya yang menyaring melalui rahim Anda.


(Minggu ke 28 ini adalah awal dari trimester ketiga janin Anda di dalam kandungan. Ukuran berat badan si kecil akan bertambah tiga kali lipat dari minggu sebelumnya. Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Tahapan Minggu ke 10-14 Janin dalam Kandungan Anda)

Ketika sudah mendekati tanggal kelahiran si kecil, kulit tipis yang berwarna kemerahan dilapisi dengan verniks kaseosa (zat putih) menutupi seluruh tubuhnya. Lalu melindungi kulitnya dari cairan ketuban yang mengambang di dalam.

Pada minggu ke-37 kehamilan Anda, kulit si kecil berwarna merah dan begitu lembut kurang lebih tampak seperti alien yang keriput.

Paru- paru si kecil dapat berfungsi di luar rahim dan sudah matang. Hal ini berarti si kecil siap untuk lahir kapanpun. 

Dalam persiapan untuk kelahiran Anda, si kecil sebagian besar akan berubah posisi sehingga kepalanya menghadap ke bawah dan akan tetap seperti itu sampai lahir.


Maria Fransiska





(TIN)