Selain Cokelat, Tiga Makanan Ini Bantu Meningkatkan Pikiran Positif

Raka Lestari    •    Minggu, 07 Oct 2018 12:11 WIB
depresi
Selain Cokelat, Tiga Makanan Ini Bantu Meningkatkan Pikiran Positif
(Foto: Sheknows)

Jakarta: Makanan tak hanya memiliki peran penting bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Itu sebabnya, apa yang Anda makan, berpengaruh signifikan terhadap suasana hati Anda. 

Carol Aguirre, MS, RD / LDN, ahli diet / ahli gizi yang berbasis di Florida menjuluki beberapa makanan sebagai superfood karena kemampuannya untuk meningkatkan pikiran positif. Apa saja superfood yang dimaksud? berikut ulasannya seperti dilansir dari Elite Daily.

1. Telur

Menurut Aguirre, telur adalah  salah satu makanan yang paling baik untuk menstabilkan semangat. 

"Telur bermanfaat bagi otak dan merupakan nutrisi penambah neurotransmitter, seperti lesitin, kolin, dan kolesterol, serta vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati seperti B12 dan biotin dan protein berkualitas tinggi dalam jumlah besar," katanya. 

2. Gandum utuh

Menurut Aguirre, mengonsumsi gandum utuh berhubungan dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Usahakan untuk memilih roti yang terbuat dari gandum utuh. Menurut Aguirre, gandum olahan sebenarnya berkorelasi dengan tingkat depresi yang lebih tinggi.

3. Jamur

"Para peneliti menemukan bahwa vitamin D memainkan peran kunci dalam kesehatan mental dan depresi, karena dapat meningkatkan serotonin, salah satu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati," ujar Aguirre. 

Menurut Nutrient Data Laboratory di Beltsville Human Nutrition Research Center, jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Jadi, tambahkan jamur dalam diet Anda untuk meningkatkan pikiran positif Anda. 

4. Cokelat

Menurut Aguirre, makanan lezat juga bagus untuk kesehatan mental Anda. 

"Hasil dari tinjauan sistematis menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat yang mengandung 75 persen atau lebih besar dari kakao dapat menghilangkan suasana hati yang buruk dan mungkin dapat mencegah Anda dari depresi."

Lihat video:




(DEV)