Cara Fibromialgia Sebabkan Penderita Kehilangan Libido

   •    Jumat, 11 Jan 2019 16:16 WIB
seks dan kesehatanfibromialgia
Cara Fibromialgia Sebabkan Penderita Kehilangan Libido
Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Jakarta: Jika Anda memiliki fibromyalgia (fibromialgia), Anda mungkin menghadapi tantangan dalam kehidupan seks. Kendala yang mungkin bisa terjadi adalah bisa kehilangan libido atau kesulitan dengan kinerja seksualnya.

Mungkin juga libido sehat, tetapi nyeri otot yang dalam dan kekakuan karena fibromialgia menghalanginya berhubungan seksual dengan cara yang biasa dilakukan.

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon. Penyakit yang lebih sering menyerang perempuan ini ditandai dengan kelelahan pada beberapa tempat di tubuh, di mana saat diberi tekanan sedikit akan menyebabkan rasa sakit.

Libido hilang

Seks tidak cuma memperkuat hubungan intim, tetapi juga hubungan seksual yang meningkatkan endorfin, ibarat opium alami tubuh yang mengurangi rasa sakit. Lantas apa yang menyebabkan hilangnya libido saat memiliki penyakit fibromialgia?

Dilansir dari laman WebMd, beberapa obat yang digunakan untuk pengobatan fibromialgia, yaitu duloxetine (cymbalta) dan milnacipran (savella), serta antidepresan SSRI, seperti paroxetine (paxil) dan sertraline (zoloft), dapat menyebabkan penurunan gairah seks.
 
Saat mengonsumsi obat untuk fibromialgia dan memiliki masalah libido, konsultasikan pada dokter.


(Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

(Baca juga: Bentuk Mr. P Bengkok, Bahaya atau Tidak?)

Perubahan sederhana pada obat, atau pengurangan dosis dapat meningkatkan gairah seks, dan memungkinkan untuk menikmati hubungan seks dengan lebih baik.

Untuk beberapa pasien dengan gejala fibromialgia yang tidak nyaman, yaitu rasa sakit terus-menerus, kelelahan, kecemasan, dan rasa kaku, cukup sulit untuk tidak memikirkan bagaimana caranya aktif secara seksual.

Namun, belajar mengelola gejala tersebut dengan obat, olahraga, dan gaya hidup dapat meningkatkan kehidupan seksual para pengidapnya.

Berhubungan seks saat nyeri fibromialgia parah

Beberapa pasien fibromialgia menyerah untuk berhubungan seks karena takut cedera yang lebih parah dan rasa sakit. Namun, dilansir dari laman Webmd, berhubungan intim dengan pasangan masih mungkin dilakukan.

Dengan nyeri fibromialgia, orang tersebut hanya perlu bekerja dengan pasangannya menemukan posisi paling nyaman saat berhubungan seksual. Misalnya, jika menderita fibromialgia dengan nyeri punggung bawah, pasangan bisa berada pada posisi yang paling nyaman bersama pasangan saat berhubungan.

Atau, bagi perempuan dengan fibromialgia yang menderita sakit di pinggul, dia bisa menggunakan bantal di antara lutut untuk menstabilkan lutut selama berhubungan seksual. Yang diperlukan adalah kesabaran sehingga hubungan intim tidak menyebabkan rasa sakit lanjutan.


Maria Fransiska




(TIN)