Ciri-ciri Gejala Kista Ovarium

Raka Lestari    •    Minggu, 04 Nov 2018 12:05 WIB
kista ovarium
Ciri-ciri Gejala Kista Ovarium
Ciri-ciri Gejala Kista Ovarium (Foto: gettyimages)

Jakarta: Kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada wanita. Umumnya kista ovarium bersifat jinak, tetapi terkadang bisa menjadi sangat menyakitkan dan sangat mengganggu.

Ovarium pada wanita biasanya akan menghasilkan sel telur selama satu kali setiap bulannya. Namun terkadang ketika seorang wanita memiliki kista ovarium hal itu akan mengganggu funsi ovarium dan bisa menjadi masalah besar.

Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa gejala kista ovarium yang sering terjadi:

1. Nyeri panggul yang sangat mengganggu
Gejala kista ovarium yang paling umum adalah rasa sakit di bagian kanan bawah atau sisi kiri panggul, tepat di mana ovarium berada, kata Taraneh Shirazian, M.D., seorang ginekolog di NYU Langone Health.

"Anda mungkin merasakannya ketika Anda berolahraga, Anda mungkin merasakannya ketika Anda aktif secara seksual, tetapi itu akan menjadi rasa sakit di tempat tertentu yang konstan dan tetap bahkan setelah siklus menstruasi Anda hilang. Jika rasa sakit menjadi parah atau bahkan tak tertahankan, itu pertanda bahwa Anda mungkin memiliki torsi ovarium," kata Shirazian.

2. Anda merasa sangat kembung
Pembengkakan jelas merupakan gejala yang jarang, tetapi bisa berhubungan dengan kista ovarium tergantung pada ukurannya.

"Kebanyakan wanita mengalami kista di bawah 10 cm. Tetapi beberapa kista dapat tumbuh menjadi sangat besar, seperti ukuran semangka," kata Eloise Chapman-Davis, M.D., seorang ahli onkologi ginekologi di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian.

Banyak wanita akan menganggap itu sebagai kenaikan berat badan, tetapi sakit perut dan kembung bisa menjadi hasil dari massa yang tumbuh di perut. Jadi jika beratnya hanya di perut Anda, atau Anda tidak dapat menemukan alasan mengapa berat badan Anda bertambah, cobalah untuk waspada.

3. Sakit ketika berhubungan seksual
Seks seharusnya tidak menyakitkan, sehingga jika itu terjadi mungkin itu pertanda ada sesuatu. "Beberapa kista, ketika mereka menjadi besar, bisa terjadi di belakang rahim, dan dalam kasus itu akan berada  tepat di depan leher rahim Anda," kata Chapman-Davis.

"Jadi Anda mungkin merasa sakit ketika melakukan penetrasi. Endometrioma (kista ovarium yang terkait dengan endometriosis) juga dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, karena mereka terletak lebih dekat ke leher rahim," tambahnya.  

4. Sering ingin buang air kecil
Gejala lain dari kista ovarium yang banyak dikeluhkan wanita, menurut Chapman-Davis adalah perasaan ingin buang air kecil  setiap saat.

"Jika kista mendorong kandung kemih Anda, Anda mungkin merasa seperti selalu ingin buang air kecil. Atau beberapa wanita merasa bahwa mereka lebih sering ingin buang air kecil tetapi sulit untuk dikeluarkan karena adanya penyumbatan oleh kista itu sendiri," katanya.

5. Sakit punggung atau kaki
Kista ovarium dapat mengganggu punggung atau kaki Anda ketika mereka menjadi terlalu besar. "Anda tidak memiliki banyak ruang di panggul Anda, jadi ketika kista bertambah besar tergantung di bagian panggul mana berada, dapat menyebabkan sakit pada kaki," kata Chapman-Davis. Ia juga menjelaskan bahwa  kista dapat menekan saraf yang berada di sepanjang bagian belakang panggul Anda.


 
(ELG)