Kenali Tiga Tanda Klasik Diabetes

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 24 Oct 2018 14:26 WIB
diabetes
Kenali Tiga Tanda Klasik Diabetes
(Foto: Web MD)

Jakarta: Diabetes adalah penyakit tak menular dengan gejala klasik yang sering tak disadari. Inilah mengapa gangguan tersebut baru terdeteksi ketika muncul pertanda jangka panjang. 

Tiga gejala klasik tersebut adalah selalu haus, sering buang air besar, dan banyak makan. Ketiganya saling berhubungan.

"Mengapa banyak makan? Karena sel dalam tubuh kelaparan," ujar spesialis endokrinologi Dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, Ph.D dalam temu media, Rabu 24 Oktober 2018. 

Kelaparan tersebut terjadi karena tubuh yang tak mampu mengolah insulin dengan baik, atau disebut juga resistensi insulin. 

Namun, meski banyak makan, penderita diabetes cenderung mengalami penurunan berat badan yang drastis. Ini adalah gejala non-klasik lain dari penyakit tersebut. Penyebabnya, sel lapar mengambil simpanan lemak untuk mengisi energi, meskipun tetap tak bisa masuk. 

Gejala lainnya, yaitu sering buang air kecil disebabkan karena proses osmosis dalam tubuh yang juga tinggi. Pemicunya, gula darah yang tinggi. Proses tersebut pun dikeluarkan melalui urin.

"Orang diabetes juga sering haus karena terus mengeluarkan hasil osmosis itu."

Beberapa pertanda lain dari gangguan diabetes yang umum terjadi adalah penglihatan kabur, keputihan, dan disfungsi ereksi.

"Orang diabetes memiliki kemampuan ereksi 10 tahun lebih tua dari usia yang seharusnya," pungkas dia. 





(DEV)