Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 15 Nov 2018 12:01 WIB
kalbe nutritionals
Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
Asupan gula berlebih membuat tubuh rentan diabetes, obesitas, bahkan penyakit jantung (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Makanan dan minuman manis bikin sebagian orang kecanduan. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya akan membahayakan kesehatan. 

Asupan gula berlebih membuat tubuh rentan diabetes, obesitas, bahkan penyakit jantung. 

Sebenarnya tubuh memberikan sinyal jika terlampau banyak menerima asupan gula. Ada sejumlah gejala penanda tubuh sudah sudah terlalu banyak mengonsumsi gula. Apa saja?

1. Jerawat

Studi menemukan bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30 persen lebih besar terserang jerawat. Mereka yang secara teratur makan kue juga memiliki risiko 20 persen lebih besar.

2. Sering Sakit Kepala

Mengonsumsi banyak gula dapat menyebabkan sakit kepala. Gula memicu perubahan hormonal, terutama hormon epinefrin dan norepinefrin. Pergeseran hormon ini berpotensi memicu sakit kepala.

3. Berat Badan Sulit Turun

Saat berolahraga, tubuh tidak menggunakan lemak untuk dibakar supaya mendapatkan energi. Hal ini disebabkan terlalu banyak gula di dalam tubuh.

4. Sakit Gigi

Jika ada perubahan warna kehitaman pada gigi dengan rasa sakit setiap kali menggigit sesuatu, maka itu tanda Anda terlalu banyak mengonsumsi gula.

5. Ketagihan Setiap Hari

Ada dua alasan mengapa hal ini terjadi. Pertama, gula bersifat adiktif. Semua zat adiktif membuat Anda ketagihan setelah tubuh merasakan manfaatnya. Kedua, tubuh sudah menyesuaikan diri terhadap rasa dari waktu ke waktu yang membuat Anda menginginkan sesuatu yang lebih manis.

Jika sudah mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut, mulai dari sekarang kurangi makanan dan minuman mengandung gula tinggi. Sebaiknya, ganti gula harian Anda dengan gula rendah kalori seperti Nulife Sweetener.

Satu sachet Nulife Sweetener sama dengan dua sendok teh gula pasir, cukup untuk 150 ml minuman. Nulife Sweetener tidak pahit dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan menggunakan Nulife Sweetener, Anda tak perlu khawatir berat badan akan melonjak karena ia merupakan sukralosa (pemanis buatan nol kalori). Produk dari Kalbe Nutritionals ini juga rendah karbo, sehingga tepat untuk diet sehat bebas gula.

Kelebihan lainnya dari Nulife Sweetener ialah harganya lebih ekonomis, tidak berubah rasa jika dipanaskan, cocok untuk minuman panas dan dingin, serta dapat digunakan untuk memasak. Rasa manisnya pun tidak berubah pada suhu tinggi.



(ROS)