Waspadai Perut Kembung yang Tak Kunjung Sembuh

Torie Natalova    •    Rabu, 07 Feb 2018 18:02 WIB
kesehatan
Waspadai Perut Kembung yang Tak Kunjung Sembuh
(Foto: Hampir lima persen dari wanita usia 18-44 tahun mengalami penyakit radang panggul. (Foto: Icon8 Team/Unsplash.com)

Jakarta: Diet, mengalami premenstrual sindrom, atau makanan makanan yang mengandung gas tinggi, seringkali memicu perut kembung. Banyak orang mengeluhkan perut kembung setiap harinya.

Perut kembung memang normal terjadi. Tetapi, jika perut kembung tak kunjung sembuh, ini bisa mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius.

Segera temui dokter jika Anda mengalami perut kembung parah dan gejala lainnya.

(Baca juga: Trik Jitu Mengatasi Perut Kembung)

1. Nyeri panggul
Meski jarang, kembung bisa mengindikasikan kanker ovarium, terutama jika disertai gejala lain seperti rasa kenyang saat makan dan tiba-tiba harus kencing atau buang air besar. Ini disebabkan oleh akumulasi cairan di perut atau tekanan dari massa ovarium terhadap perut atau panggul.


(Kram perut sering dirasakan wanita ketika sedang haid. Tapi, jika sakit berada di sisi kiri bawah perut, Anda mungkin memiliki divertikulitis. Foto: Milada Vigerova/Unsplash.com)

2. Penurunan berat badan
Penyakit celiac merupakan sebuah kondisi dimana tubuh Anda memiliki reaksi autoimun terhadap gluten yang merusak lapisan usus. Tanda paling umum adalah diare dan penurunan berat badan.

3. Kram perut parah
Kram perut sering dirasakan wanita ketika sedang haid. Tapi, jika sakit berada di sisi kiri bawah perut, Anda mungkin memiliki divertikulitis, suatu kondisi di mana kantong kecil berkembang di lapisan bagian bawah usus besar dan meradang. Jika kram disertai demam, segera ke rumah sakit.

4. Cairan dari vagina yang bau
Hampir lima persen dari wanita usia 18-44 tahun mengalami penyakit radang panggul. Pada tahap awal, gejala penyakit ini seperti nyeri panggul ringan, perdarahan tidak teratur, atau masalah kencing. Radang panggul biasanya disebabkan oleh infeksi yang tidak segera diobati.

5. Diare berdarah
Kembung disertai dengan seringnya sakit perut dan terkadang diikuti dengan diare yang mengeluarkan darah, bisa jadi tanda penyakit radang usus besar seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, di mana keduanya memicu peradangan di saluran pencernaan Anda.











(TIN)