Lima Penyakit Serius yang Bisa Berasal dari Genetik

Torie Natalova    •    Senin, 26 Mar 2018 10:00 WIB
kesehatan
Lima Penyakit Serius yang Bisa Berasal dari Genetik
Pertimbangkan riwayat kesehatan mental keluarga Anda dan beberapa tes genetik untuk membantu mencari obat dengan respons terbaik. (Foto: Courtesy of Shutterstock)

Jakarta: Pemeriksaan genetis sangat penting untuk mengetahui potensi nyata dan mengungkapkan kemungkinan Anda dapat mengembangkan kondisi kesehatan yang serius.

Mengetahui apa yang bersembunyi di DNA Anda akan memotivasi untuk mendapatkan lebih banyak tes atau mengonsumsi makanan untuk mencegah Alzheimer dan Parkinson yang dapat diturunkan dari genetik.

Namun, seiring berkembangnya pengujian untuk genetika, para ahli mengatakan kita memiliki kesempatan untuk memelajari lebih lanjut tentang risiko untuk penyakit tertentu.

Penting untuk mengetahui apa yang dapat dan tidak dapat diketahui oleh genetika. Hanya karena Anda memiliki kecenderungan genetik untuk penyakit tertentu, bukan berarti Anda akan mendapatkannya. Semua akan melibatkan lingkungan, riwayat keluarga, dan kebiasaan gaya hidup.

1. Penyakit jantung
Kebiasaan gaya hidup sehat terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Tidak merokok, menjaga berat badan stabil, olahraga teratur, diet rendah daging merah dan lemak jenuh adalah cara untuk menghindari penyakit mematikan ini. Kebiasaan hidup sehat ini penting bagi orang yang memiliki risiko genetik penyakit jantung.

(Baca juga: Cemas dan Depresi Berlebihan Berisiko Kematian)


(Pertimbangkan riwayat kesehatan mental keluarga Anda dan beberapa tes genetik untuk membantu mencari obat dengan respons terbaik. Foto: Courtesy of Imgfave)

2 Polip usus besar
Mengetahui anggota keluarga yang memiliki polip adenomatosa dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda berisiko terkena kanker kolorektal. Polip itu mungkin berkembang di usus besar Anda selama masa remaja, tapi dapat menjadi ganas mendekati usia 40 tahun. Sebanyak satu dari lima orang yang terkena penyakit ini terkait dengan seseorang yang mengalaminya.

3. Penyakit Celiac
Tidak seperti orang dengan intoleransi gluten, penderita penyakit Celiac yang menelan protein gandum akan mengalami kerusakan serius pada usus kecil mereka. Menurut Celiac Disease Foundation, orang dengan kerabat tingkat pertama dengan penyakit ini memiliki satu dari 10 risiko terkena penyakit ini sendiri, karena ada gen yang terkait dengan penyakit celiac.

4. Kolesterol tinggi
Sayangnya, orang sering mengetahui mereka memiliki kondisi mematikan ini ketika ada keluarga yang mengalami serangan jantung di usia muda. Orang dengan kelainan genetik familial hypercholesterolemia (FH) memiliki tingkat LDL atau kolesterol jahat yang sangat tinggi. Namun, seringkali FH tidak terdiagnosis sehingga 90 persen orang tidak menyadari mereka memiliki kondisi tersebut.

5. Depresi
Sejarah keluarga yang mengalami depresi dapat memberikan petunjuk pada kondisi yang Anda alami. Namun, Anda mungkin mengalami depresi jika ada dua atau lebih orang di sisi yang sama dari keluarga memiliki depresi. Pertimbangkan riwayat kesehatan mental keluarga Anda dan beberapa tes genetik untuk membantu mencari obat dengan respons terbaik.







(TIN)