Asupan Terbaik untuk Pulihkan Flu Anda

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 05 Dec 2017 12:56 WIB
virus flu burung
Asupan Terbaik untuk Pulihkan Flu Anda
Semangkuk sup ayam yang panas akan menenangkan tenggorokan dan mengobati hidung tersumbat. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Memasuki awal musim hujan, penyakit flu atau common cold mungkin akan akrab pada diri Anda. Terlebih jika sistem imun atau kekebalan Anda sedang menurun. Selain dipengaruhi karena cuaca, flu memang disebabkan oleh virus Rhinovirus yang menyebabkan infeksi, dimana kita akan mengalami bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Virus flu mudah menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Ketika kita berhubungan dengan lendir orang yang terinfeksi, virus bergerak melalui hidung kita dan mencoba masuk ke dalam tubuh kita. Tubuh kita mencoba untuk melawannya dengan memroduksi kelebihan lendir. Hal ini menyebabkan hidung tersumbat dan produksi lendir yang berlebihan.

Terdapat beberapa makanan yang akan membantu meredakan gejala dingin dan juga memberi Anda semua nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh kembali pulih. Berikut daftarnya:

(Baca juga: Lada Hitam dan Jamur Ampuh Mengobati Flu)


(Semangkuk sup ayam yang panas akan menenangkan tenggorokan dan mengobati hidung tersumbat. Foto: Pixabay.com)

1. Campuran air hangat, lemon, dan madu
Air hangat akan menenangkan tenggorokan Anda yang teriritasi. Lemon penuh dengan vitamin C yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu adalah anti virus alami yang akan membunuh virus penyebab masalah. Campur satu sendok teh madu dan jus satu lemon dalam segelas air hangat dan diminum dua kali sehari.

2. Jahe
Jahe adalah obat yang sangat baik untuk batuk dan pilek. Jahe juga merupakan antivirus yang membunuh bakteri penyebab masalah. Tambahkan jahe seukuran tiga inci ke gelas kosong, tambahkan jus satu lemon dan dua sendok makan madu. Tuangkan campuran ini dengan air mendidih dan biarkan selama beberapa lama. Saring campuran kemudian minum.

3. Bawang putih
Bawang putih sangat efektif dalam mengobati demam. Sifat antiseptiknya membantu membunuh infeksi. Bawang putih juga mengandung vitamin C, selenium dan mineral lainnya yang dapat mengobati demam. Kandungannya juga bertindak sebagai ekspektoran yang membuka saluran hidung dan membantu menghilangkan lendir.

4. Kunyit 
Kunyit bersifat anti septik dan antiinflamasi yang akan membantu mengurangi radang rongga hidung dan juga memberi Anda kelegaan dari sesak di dada. Kunyit juga bertindak sebagai ekspektoran yang membantu tubuh menyingkirkan kelebihan lendir. Buat minuman kunyit hangat dengan tambahan madu atau gula sedikit lalu minum.

5. Sup ayam
Semangkuk sup ayam yang panas akan menenangkan tenggorokan dan mengobati hidung tersumbat. Sup ayam dibuat dengan mineral yang meningkatkan kekebalan tubuh. Ayam kaya akan carnosine yang membantu mengurangi hidung tersumbat dan rasa sesak di tenggorokan. Rebus beberapa potong ayam dan tambahkan sayuran dan bumbu favorit Anda untuk membuat semangkuk sup ayam yang menenangkan.









(TIN)