Kebiasaan yang Memicu Gigi Kuning

Torie Natalova    •    Rabu, 28 Feb 2018 14:53 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Kebiasaan yang Memicu Gigi Kuning
Hindari kerusakan parah pada gigi dengan minum air putih setelah mengonsumsi makanan asam. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

Jakarta: Perubahan warna gigi yang semula putih menjadi kuning, terkadang menjadi hal yang mengganggu penampilan sebagian orang. Warna gigi yang menguning disebabkan lapisan di bawah enamel gigi yaitu dentin, semakin lama semakin naik.

Ini bisa disebabkan karena enamel, yakni lapisan luar gigi Anda yang berwarna putih dan agak tembus pandang rapuh atau lemah.

Merokok adalah faktor yang dapat membuat gigi berubah warna. Bahan kimia dalam rokok memiliki efek pewarnaan pada gigi karena menempel pada enamel. Semakin lama merokok, semakin terlihat pula perubahan warnanya. 

Tak hanya merokok, kebiasaan minum kopi juga sudah diketahui dapat memberikan perubahan warna gigi. Menyesap kopi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari memungkinkan enamel gigi Anda keropos sehingga noda dapat menetap dan menyebabkan warna gigi menguning jika tidak dibilas dan dibersihkan secara teratur.

Selain merokok dan kopi, Anda juga harus mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat membuat gigi menguning seperti berikut ini.


(Hindari kerusakan parah pada gigi dengan minum air putih setelah mengonsumsi makanan asam. Foto: Pineapple Supply Co./Unsplash.com)

(Baca juga: 7 Penyebab Gigi Berlubang)

1. Terlalu banyak menggunakan obat kumur atau memilih makanan asam
Banyak obat kumur komersial yang sangat asam dan jika digunakan terlalu sering bisa menghancurkan enamel gigi. Sebenarnya, pemicu bau mulut adalah mulut yang kering. Anda bisa memilih untuk menyikat gigi lebih sering daripada menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

2. Kurang memerhatikan kebiasaan membersihkan mulut
Kurang konsisten menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang dapat menyebabkan akumulasi plak pada enamel gigi. Ini bisa menipiskan lapisan pelindung gigi dan menyebabkan gigi terlihat kuning.

3. Menyikat gigi terlalu antusias
Memang baik menyikat gigi secara teratur, tetapi tidak disarankan menyikatnya terlalu sering dengan pasta gigi. Ini bisa jadi hal yang penting karena pasta gigi bisa jadi mengandung zat abrasif, dan jika Anda menyikat terlalu keras atau sering Anda mungkin akan menghilangkan lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin.

4. Makan terlalu banyak buah atau sayuran asam
Buah dan sayuran yang mengandung asam tinggi seperti jeruk, tomat, nanas juga bisa merusak lapisan luar gigi Anda. Hindari kerusakan parah pada gigi dengan minum air putih setelah mengonsumsi makanan asam.









(TIN)