Manfaat Tak Terduga Peterseli untuk Kesehatan

Raka Lestari    •    Senin, 27 Nov 2017 12:19 WIB
Manfaat Tak Terduga Peterseli untuk Kesehatan
Peterseli mentah mengandung folat, vitamin B yang penting, yang bisa digunakan untuk mencegah masalah jantung. (Foto: Alexandra Andersson/Unsplash.com)

Jakarta: Kita mungkin berpikir parsley atau peterseli hanya untuk sebagai hiasan pada makanan dan tidak terlalu banyak memerhatikannya. Namun tenyata bumbu rempah ini memiliki khasiat yang lebih banyak dari hanya sekedar memercantik tampilan masakan Anda.

Berikut ini adalah lima manfaat tak terduga dari peterseli:

1. Mencegah kanker payudara
"Peterseli mengandung senyawa kimia yang disebut apigenin yang diketahui dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara," kata Amanda Capriglione RD, ahli diet.

"Beberapa ilmuwan percaya bahwa apigenin bisa menjadi pengobatan non-toksik yang bisa digunakan di masa depan." Tambahkan segenggam peterseli ke dalam salad, smoothies, dan sup untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Mencegah garis halus dan keriput
Mengonsumsi peterseli memberi manfaat pada kulit Anda. Peterseli mengandung vitamin C tinggi, dan vitamin C memroduksi kolagen yang memberikan kekuatan pada struktur kulit.

"Kolagen membantu menghilangkan garis-garis halus dan keriput," kata Capriglione. "Buatlah salad yang mengandung vitamin C dengan beberapa sayuran hijau termasuk peterseli, potongan jeruk, dan tambahkan dengan saus lemon."


(Mengonsumsi peterseli memberi manfaat pada kulit Anda. Foto: Syd Wachs/Unsplash.com)

(Baca juga: Manfaat Peterseli untuk Kesembuhan Pasien Diabetes)

3. Memerkuat tulang
"10 tangkai peterseli sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin K," ujar Capriglione. Memenuhi jumlah vitamin K yang cukup dalam makanan Anda dapat membantu melindungi dari patah tulang karena membantu membuat protein untuk tulang dan pembekuan darah.

4. Membantu pencernaan
"Peterseli dapat membantu pencernaan dan membantu mengurangi kembung," kata Capriglione. "Peterseli mengandung senyawa yang memungkinkan untuk mengeluarkan gas dari tubuh." Tambahkan beberapa peterseli ke dalam makan malam Anda sebelum keluar malam untuk menghindari perut kembung.

5. Melawan penyakit jantung
Peterseli mentah mengandung folat, vitamin B yang penting, yang bisa digunakan untuk mencegah masalah jantung.

"Folat berperan penting dalam menjaga tingkat normal homosistein asam amino yang dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular," kata Carolina Guizar, ahli diet dari New York. "Seperti vitamin C, folat sensitif terhadap panas dan paling baik dikonsumsi saat peterseli masih segar."









(TIN)