Sisi Lain dari Tak Menggunakan Bra Bagi Payudara

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Oct 2017 11:43 WIB
kesehatanstudi kesehatan
Sisi Lain dari Tak Menggunakan Bra Bagi Payudara
Payudara dilapisi oleh kulit elastis tipis dan didukung oleh ligamen payudara. (Foto: Vecteezy.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa tak mengenakan bra memberi banyak manfaat pada kesehatan payudara. 

Meskipun bra membantu membuat bentuk payudara terlihat baik, namun lebih banyak keuntungan yang bisa diperoleh bila Anda tak menggunakan penyangga pada anggota tubuh tersebut. Penelitian ini tentu saja bukan berarti Anda jadi tak memakai bra saat akan pergi ke kantor, atau saat akan keluar rumah.

Berikut adalah manfaat dari penelitian soal sisi lain dari tak menggunakan bra seperti dilansir Boldsky.com. 



1. Mempertahankan bentuk payudara
Pemakaian bra secara konstan dapat melemahkan otot payudara dan membuat payudara mengendor. Akibatnya, dukungan pada fungsi alamiah dapat berhenti. 

Payudara dilapisi oleh kulit elastis tipis dan didukung oleh ligamen payudara. Memakai bra sepanjang waktu dapat membuat tak nyaman karena ligamen payudara tak berfungsi dengan baik. Ada baiknya juga Anda tak memakainya saat tidur, selain sehat juga terasa lebih nyaman.

(Baca juga: 5 Tanda Bra yang Anda Kenakan Tidak Pas)

2. Memicu benjolan fibrokistik
Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara pemakaian bra dengan benjolan fibrokistik jinak. Hampir 90 persen wanita yang didiagnosis menderita benjolan fibrokistik mengalami peningkatan dalam penyembuhan setelah berhenti memakai bra. 

3. Tali bra sebabkan nyeri punggung dan bahu
Sebuah penelitian meminta para partisipan wanita berhenti mengenakan bra dan menganalisa otot mereka. Sekitar 79 persen dari mereka mengaku merasakan pengalaman positif pada otot. 



4. Pijat alami
Ketika tak memakai bra, otot akan terpijat secara alami saat Anda berjalan. Hal tersebut meringankan otot yang tegang dan memperbaiki sirkulasi getah bening sehingga mencegah dan mengobati segala jenis peradangan. 

5. Memperkuat payudara
Otot dada bekerja lebih keras untuk melawan gravitasi. Dengan demikian, maka payudara pun semakin kuat dan bisa membuat ukuran semaki besar. Selain itu, jaringan payudara juga semakin sehar karena dapat bertumbuh dan berkembang tanpa tekanan. 










(TIN)