Depresi Membuat Ingatan Menurun

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 21 Mar 2018 10:36 WIB
kesehatan
Depresi Membuat Ingatan Menurun
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa penderita depresi cenderung sulit untuk membedakan memori yang mirip. Depresi sendiri dapat menimbulkan masalah lain seperti kurang tidur atau meningkatkan stres.

Para peneliti dari Brigham Young University di Amerika Serikat mencoba mencari tahu hubungan antara depresi dan intervensi ingatan.

Intervensi ingatan terjadi ketika individu merasa diri mereka tak bisa menerima informasi baru karena adanya ingatan atau pikiran masa lalu.

Professor Donald Shelton dan Professor Brock Kirwan dari Departemen Psikologi Brigham Young University melakukan uji coba pemisahan pola pada 98 orang dewasa.

Para partisipan diminta mengisi kuesioner tentang tingkat depresi dan kecemasan untuk melihat berbagai aspek dalam hidup mereka, seperti kualitas tidur dan intensitas olahraga.

Para peneliti mencatat bahwa mereka yang memiliki nilai depresi lebih tinggi cenderung mendapat nilai lebih rendah pada uji coba pemisahan.

Tes tersebut terdiri dari memberikan partisipan beberapa seri obyek pad alat komputer, di mana ada yang mirip dan ada yang tidak. Mereka yang memiliki nilai depresi tinggi cukup kesulitan dalam memberikan obyek yang mirip.

Namun, bukan berarti mereka menderita amnesia, namun ada beberapa detail dari memori mereka yang hilang karena kesehatan mental yang buruk.

"Ada dua area otak tempat sel baru tumbuh. Salah satunya adalah hippocampus, yang berkaitan dengan memori, dimana pertumbuhannya menurun pada kasus depresi," terang Kirwan, dilansir dari Independent.


Lihat video:




(DEV)