Tips Kurangi Penggunaan Gawai Berlebih

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 05 Jan 2018 16:22 WIB
kesehatanpsikologi
Tips Kurangi Penggunaan Gawai Berlebih
Jika Anda ingin mengurangi pemakaian gadget atau gawai Anda yang berlebihan, salah satunya bisa dengan cara mematikan notifikasi sehingga Anda bisa fokus dalam melakukan kegiatan. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Apakah Anda merasa sudah kecanduan gawai dimana tangan terus menggeser benda elektronik tersebut hampir setiap saat? Jika ya, cobalah lakukan beberapa hal yang dapat menghentikan kebiasaan tersebut. 

Berikut adalah beberapa tips menghentikan kebiasaan tak bisa lepas dari gawai tersebut.

1. Mematikan notifikasi
Banyak aplikasi yang mengirimkan notifikasi, dimana meskipun bermaksud baik, tak jarang membuat Anda terdistraksi saat tengah melakukan suatu kegiatan. Cobalah untuk mematikan notifikasi sehingga Anda bisa fokus dalam melakukan kegiatan. 

2. Rehat dari media sosial 
Cobalah tidak membuka atau mengunggah apapun selama beberapa saat di media sosial. Bagi pecandu media sosial, ini akan terasa sangat sulit pada awalnya, namun lama-kelamaan akan terbiasa. 

3. Menghapus media sosial
Jika cara sebelumnya masih tak bisa membuat Anda jauh-jauh dari gawai, hapuslah aplikasi media sosial tersebut. Dengan demikian, akses Anda akan semakin sedikit sehingga Anda akan mencoba mencari pengalihan lain yang lebih berguna. 


(Jika Anda ingin mengurangi pemakaian gadget atau gawai Anda yang berlebihan, salah satunya bisa dengan cara mematikan notifikasi sehingga Anda bisa fokus dalam melakukan kegiatan. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Kebiasaan Main Gadget di Ruang Gelap Pengaruhi Kesehatan Reproduksi)

4. Membawa buku atau majalah
Bila senggang cobalah membaca buku atau majalah yang selalu Anda bawa. Cara ini cukup ampuh dalam menjauhkan Anda dari gawai saat tengah bosan. 

5. Jauhkan gawai dari tempat tidur
Banyak orang sengaja meletakkan gawai di dekat tempat tidur karena berfungsi sebagai alarm. Namun, coba jauhkan gawai misalnya di ruangan lain, agar akses untuk menggapainya semakin jauh. Tak hanya membuat tidur lebih cepat, Anda juga menjadi lebih segar saat bangun pagi karena waktu tidur tak termakan oleh bermain gawai. 

6. Jauhkan dari meja makan
Menjauhkan gawai dari meja makan membuat Anda bisa lebih konsentrasi pada makanan dan mengakrabkan diri dengan orang-orang yang berada di meja yang sama. 

7. Simpan gawai di laci
Ketika bekerja, cobalah taruh gawai di laci agar lebih berkonsentrasi dalam bekerja. Cek ponsel Anda ketika jam makan siang. 









(TIN)