Tanda-tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalium

Raka Lestari    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:17 WIB
kesehatan
Tanda-tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalium
Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda kekurangan kalium dalam tubuh Anda. (Foto: Dc Lovensky/Unsplash.com)

Jakarta: Seperti kalsium dan magnesium, potasium atau kalium adalah elektrolit yang membantu fungsi tubuh Anda. Kalium menurunkan tekanan darah Anda dan membantu fungsi pencernaan dan otot.

Tetap menjaga tingkat kalium dalam tubuh tetap stabil adalah sesuatu yang perlu dilakukan karena jika tubuh Anda kekurangan asupan kalium tentunya akan menimbulkan masalah pada tubuh Anda. 

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda kekurangan kalium dalam tubuh, dikutip dari Reader's Digest: 

1. Otot Anda terasa lemah 
Bila Anda kekurangan kalium, Anda akan merasakannya di otot Anda karena kalium adalah elektrolit yang dibutuhkan untuk konstrksi dan kontraksi otot. "Potasium adalah elektrolit yang dibutuhkan oleh otot Anda," ujar Manuel Villacorta MS, ahli diet terdaftar di California. "Salah satu gejala pertama yang dirasakan orang adalah kontraksi otot."

2. Kram otot
Otot membutuhkan asupan kalium dalam jumlah yang normal, sehingga jika asupan kalium dalam tubuh Anda rendah akan mengalami kram otot. "Orang mengalami kram otot saat kalium mereka terlalu rendah," kata Villacorta. 

(Baca juga: 4 Makanan Tinggi Kalium Selain Pisang)


(Otot membutuhkan asupan kalium dalam jumlah yang normal, sehingga jika asupan kalium dalam tubuh Anda rendah akan mengalami kram otot. Foto: Hxdbzxy/iStock)

3. Detak jantung Anda tidak normal 
Tingkat kalium yang sangat rendah dapat mengganggu detak jantung Anda, dan bahkan menyebabkan aritmia jika kadar kalium turun sangat rendah. Monica Auslander, MS, RD, LD/N, pendiri Essence Nutrition in Florida, mengatakan bahwa ketidakseimbangan elektrolit kalium bahkan bisa berakibat fatal, itulah sebabnya kalium sangat penting.

4. Anda mengalami dehidrasi
Auslander mengatakan bahwa ketidakseimbangan elektrolit seperti kandungan kalium yang rendah biasanya disertai dengan gejala dehidrasi, gangguan makan, namun masih bisa diatasi. "Air kelapa adalah metode re-hydrating yang sangat baik," katanya, "tapi sejujurnya, air juga terbukti hampir sama baiknya."

5. Anda mengalami kulit kering atau berjerawat 
Megan Lyons, pelatih kesehatan, mengatakan bahwa kekurangan kalium dapat muncul dengan gejala yang mudah terlihat seperti kulit kering, jerawat, atau gangguan pencernaan. 










(TIN)