Meletakkan Tanaman di Kantor Bantu Lawan Penyebaran Penyakit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 10 Jan 2018 11:25 WIB
studi kesehatan
Meletakkan Tanaman di Kantor Bantu Lawan Penyebaran Penyakit
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa menaruh tanaman di tempat kerja dapat membantu melawan penyakit dan mengurangi tingkat stres.

Mereka yang bekerja di gedung bertingkat tinggi tentunya sudah menyadari kerentanan penyebaran penyakit.

Namun, ketika banyak orang berpikir penyebabnya adalah pertukaran udara yang buruk, kimia yang digunakan pada perabotan kantor juga dapat menjadi penyebab masalah kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu solusi dari masalah tersebut adalah penghijauan, yang dapat memurnikan udara dari kimia racun.

"Salah satu cara untuk melawan sakit dan stres adalah mengisi kantor dengan tanaman," tulis Eddie van Etten dan Pierre Horwitz wrote untuk The Conversation.

"Idealnya, Anda menginginkan tanaman yang mampu membersihkan udara patogen, menghilangkan campuran bakteri, dan bertahan pada cahaya yang rendah dengan perawatan minimal."

Para peneliti menambahkan, meletakan tanaman di dalam ruang kerja membantu membersihkan udara dari zat kimia berbahaya yang ditemukan dalam perabotan kantor seperti formaldehyde, benzene, ethylbenzene, toluene, xylene, dan ammonia untuk membersihkan produk.

Dengan cara serupa, di saat kantor dapat membiakkan bakteri penyebab virus, Etten dan Horwitz mengungkapkan bahwa bakteri yang berhubungan dengan tanaman adalah baik untuk tubuh.

"Bakteri menguntungkan pada tanaman dalam ruangan dengan tanah adalah tambahan penting dalam kantor, menstabilisasi ekologi dari lingkungan sintetis yang dibangun," tambah mereka.

Bakteri tersebut juga dapat membantu menghindari wabah patogen dan menyeimbangkan jaringan kompleks dalam ekosistem.

"Keseimbangan secara keseluruhan dapat menurunkan insidensi dari penyakit yang mudah menyebar dan jumlah hari sakit di antara para pegawai."

Penemuan tersebut juga mendukung studi NASA sebelumnya yang menyebutkan bahwa menyimpan jenis tanaman tertentu dalam rumah dapat mencegah sakit.

Beberapa tanaman tersebut adalah kelapa sawit, lidah buaya, english ivy, pakis Boston, bunga bakung, ficus benjamina, dan lady palm; yang dapat memurnikan udara.

Selain itu, tanaman dalam kantor juga dapat menghilangkan stres. Hal ini karena banyak studi membuktikan bahwa ruang hijau dan alam dapat membantu menimbulkan rasa tenang dan rileks sehingga mengurangi stres.




(DEV)