Melakukan Diet Bukan Berarti Tidak Makan

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Oct 2017 16:23 WIB
diet
Melakukan Diet Bukan Berarti Tidak Makan
(Foto: Gymjunkies)

Metrotvnews.com, Jakarta: Faktanya, 52 persen dari populasi orang dewasa berusia 18 tahun ke atas tergolong menderita obesitas. Prevalensi  yang jauh lebih besar terjadi pada wanita, yaitu sebesar 32,9 persen dan memiliki kecenderungan yang terus meningkat.

Definisi obesitas dapat dilihat dari indikator Indeks Massa Tubuh (IMT) di atas angka 27 yang diperoleh dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m).

Sedangkan yang tergolong ideal berada di antara angka 18,5 - 22,9.

Untuk mendapatkan tubuh ideal, salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan melakukan diet. Namun masih banyak orang yang menganggap bahwa diet adalah dengan mengurangi sebanyak-banyaknya asupan makanan. Pemahaman itu jelas itu salah.

"Diet artinya tidak makan itu mitos. Banyak orang berpikir diet apalagi yang mengejar target malah sedikit atau bahkan tidak makan," ujar dr Karin Wiradarma, ahli nutrisi pada acara Fit Dance 2017 oleh Kalbe Nutritionals di Jakarta, Minggu (29/10/17).

Ia juga menambahkan, "Kalau makan sedikit malah kurang gizi karena kita butuh gizi. Nanti kalau kurang gizi malah kena penyakit yang lain. Kalau lapar berlebih juga malah membuat tergoda untuk ngemil."

Dalam memilih makanan untuk diet, dr Karin menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat. Hal ini karena untuk mencerna protein, tubuh perlu energi yang lebih sehingga kalori yang terbuang pun banyak. Sedangkan makanan yang mengandung serat dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Menurut dr Karin, yang terpenting adalah menekankan niat dan tujuan dalam jangja panjang untuk memiliki tubuh yang sehat dan memiliki berat badan yang ideal karena untuk melakukan diet itu merupakan sesuatu yang cukup sulit.




(DEV)