Kemenkes Imbau Cukupi Gizi Seimbang Lewat Kampanye "Isi Piringku"

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Oct 2017 19:02 WIB
kesehatan
Kemenkes Imbau Cukupi Gizi Seimbang Lewat Kampanye Isi Piringku
(Foto: Eeyuva)

Metrotvnews.com, Jakarta: Slogan 4 Sehat 5 Sempurna kini telah berganti menjadi Gizi Seimbang untuk membuat tubuh masyarakat Indonesia sehat melalui pemenuhan gizi yang cukup.

Terdapat 10 pokok pesan dalam tesebut, dengan empat inti yang terdiri dari makan makanan bergizi, minum air putih cukup, lakukan aktivitas fisik, dan rutin menimbang berat badan untuk mengetahui kondisi tubuh.

"Sebagai visualisasi gizi seimbang, kita mengacu pada 'Isi Piringku' yang dipakai juga di seluruh dunia dengan konsep one plate," jelas dr Anung Sugihantono selaku Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI dalam konfrensi pers EAT Asia Pacific Competence Forum, di Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Satu piring tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu separuh berisi sayur dan buah, sementara separuh lainnya berisi protein dan karbohidrat.

Anung berharap, Isi Piringku tersebut tak hanya monoton, melainkan berisi makanan yang bersifat lokal sehingga bisa memanfaatkan sumber makanan suatu daerah secara maksimal.

"Kami menantang ibu-ibu PKK untuk bisa membuat makanan bergizi sesuai dengan makanan lokal di daerahnya."

Kendati demikian, Anung mengaku ada beberapa masalah dalam menjalankan program Isi Piringku, misalnya bentuk dan ukuran yang berbeda.

"Diameter piring dan adanya lekukan dalam piring contohnya. Oleh karena itu, kami tengah menyiapkan konteks gizi seimbang dan menginisiasi Angka Kecukupan Gizi untuk semua kelompk usia," terang Anung.




(DEV)