Pemanis Buatan Bisa Memicu Migrain

Torie Natalova    •    Selasa, 11 Oct 2016 13:39 WIB
kesehatan
Pemanis Buatan Bisa Memicu Migrain
Penyebab migrain bermacam-macam, salah satunya adalah makanan yang mengandung tyramine. (Foto: Stayathomemum)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sakit kepala sebelah atau migrain seringkali datang mendadak dan mengganggu aktivitas Anda. Penyebab migrain bermacam-macam, salah satunya adalah makanan yang mengandung tyramine.

Tyramine merupakan asam amino yang ditemukan dalam banyak makanan dan minuman. Selain tyramine, ada banyak makanan yang bisa memicu migrain dan sebaiknya Anda hindari.

1. Makanan cepat saji
Monosodium glutamat atau MSG, sulfit, dan nitrat adalah zat aditif makanan yang umum digunakan dalam banyak makanan cepat saji. Bumbu, kaldu, dan sup kalengan juga diketahui mengandung jumlah aditif tinggi yang bisa memicu migrain.

2. Cokelat
Cokelat mengandung tyramine yang bisa memicu migrain. cokelat biasanya dikonsumsi oleh banyak wanita karena bisa meredakan stres dan perubahan hormonal saat haid datang. Jika Anda sering terkena migrain, sebaiknya hentikan kebiasaan mengonsumsi cokelat.

(Baca juga: Kontroversi Pemanis Buatan, Peneliti: Tidak Membahayakan Tubuh)

3. Makanan asin
Sodium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kehidupan. Tapi, tanpa disadari Anda terlalu banyak mengonsumsi sodium. Biasanya, sodium yang tinggi ada dalam makanan kemasan.

4. Kacang-kacangan dan selai kacang
Meskipun termasuk sumber protein tanpa lemak, kacang-kacangan dan selai kacang mengandung tyramine yang tinggi. Jika migrain Anda karena tyramine, hentikan kebiasaan makan kacang atau selai kacang.

5. Keju, acar, dan makanan fermentasi
Makanan seperti ini mengandung tyramine yang tinggi. Makanan tinggi tyramine terutama terdapat dalam makanan fermentasi,

6. Alkohol dan anggur merah
Meski setiap jenis alkohol bisa memicu migrain, anggur merah, atau minuman berwarna gelap lain merupakan penyebab paling umum yang memicu migrain. Ini karena tyramine yang juga ditemukan pada beberapa bir. Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala.

7. Pemanis buatan
Aspartam merupakan pemanis buatan yang sering ditemukan dalam minuman diet dan makanan penutup rendah kalori. Pemanis buatan kini banyak dijual sebagai pengganti gula yang biasa digunakan penderita diabetes.








(TIN)