Gejala Stres yang Perlu Diwaspadai

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 28 Sep 2016 19:51 WIB
kesehatan
Gejala Stres yang Perlu Diwaspadai
Gejala Stres yang Perlu Diwaspadai (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres adalah salah satu gangguan mental yang banyak dialami, baik tingkat ringan hingga berat. Seperti apa gejala stres yang mulai membahayakan?

"Stres yang mulai mengganggu keseharian perlu diwaspadai karena membahayakan bagi kesehatan mental seseorang," ujar psikolog Anna Surti Ariani dalam acara peluncuran kampanye SGM Eksplor “Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya" di Jakarta.

Beberapa contoh dari gejalanya ialah kesulitan tidur selama seminggu lebih, produktivitas bekerja terganggu, jam tidur yang terbalik namun bukan karena alasan pekerjaan, atau suasana hati yang terus-menerus negatif.

Ketika mengalami beberapa ciri tersebut, sebaiknya seseorang mulai waspada dan mencoba mencari solusi dari tekanan yang dihadapi.

Saat seseorang mengalami stres yang menumpuk, kemungkinan ia akan terkena depresi yang merupakan tingkat lanjutan dari stres. Hal ini membuat orang tersebut mengalami fase yang semakin parah sehingga sulit untuk menyikapi masalah yang dihadapi.

"Ketika sudah sampai pada fase depresi, segera hubungi tenaga profesional karena tak semua bisa mengatasinya sendiri," sarannya.


(ELG)