Jangan Merokok Setelah Makan, Ini Alasannya

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 31 Aug 2016 10:20 WIB
kesehatan
Jangan Merokok Setelah Makan, Ini Alasannya
(Foto: Alarabiya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan usai makan dapat mengganggu sistem pencernaan. Apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud, berikut kami rangkum ulasannya dari Boldsky.

1. Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok dapat mengganggu kerja sistem pencernaan. Racun rokok membuat penyerapan karsinogen (zat penyebab kanker) dalam tubuh menjadi lebih banyak.

2. Mandi

Mandi setelah makan dapat menghambat sistem peredaran darah dalam pencernaan. Itu sebabnya, mandi setelah makan seringkali menyebabkan perasaan seperti masuk angin atau perut kembung.

3. Makan buah

Buah membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna. Oleh karena itu penyerapan buah tak akan berlangsung cukup baik bila langsung dimakan setelah makan besar.

4. Minum teh

Teh menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi yang berasal dari makanan.

5. Duduk cukup lama

Cobalah berjalan-jalan sebentar setelah makan. Langsung duduk untuk jangka waktu lama dapat membuat sistem pencernaan tak bekerja.

6. Olahraga berat

Hindari olahraga yang berat atau bersemangat setelah makan karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung, cegukan, mual, dan sebagainya.

7. Tiduran

Tiduran setelah makan dapat membuat perjalanan makanan kembali naik dalam sistem pencernaan dan menyebabkan asam lambung naik.


(DEV)